Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

PILGUB JABAR 2018

Ridwan Kamil: Dana Kampanye Bisa Lebih Dari Rp80 Miliar

Ilham Budhiman Senin, 13/11/2017 17:25 WIB
Ridwan Kamil: Dana Kampanye Bisa Lebih Dari Rp80 Miliar

Bisnis.com, BANDUNG -- Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku dana kampanye untuk kontestasi di Pilgub Jawa Barat bisa mencapai Rp80 miliar lebih. Dia pun mengaku tidak mempunyai uang sebanyak itu.

"Dari mana saya punya uang sebanyak itu?," kata pria yang kerap disapa Emil ini, di Bandung pada Senin (13/11). Untuk itu, Emil menyambut baik atas adanya urunan warga guna menggalang donasi sebagai dana kampanye dirinya di Pilgub Jabar mendatang.

Sekedar informasi, wali kota Bandung itu baru saja mendapat sokongan bantuan oleh Perkumpulan Relawan Jabar Juara guna membantunya memenangkan Pilgub Jabar 2018. Selain itu, relawan tersebut akan membantunya dalam hal pendanaan kampanye melalui urunan. Beberapa kelompok dari berbagai daerah itu akan menggalang program donasi bernama "Udunan Warga".

"Kelompok relawan ini membuka donasi karena dana kampanye Pilkada itu besar sekali bisa lebih dari Rp80 miliar. Itu inisiatif mereka (relawan). Saya tidak perintahkan," kata Emil.

Program urunan dengan konsep “dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat“ itu pada dasarnya memang dibutuhkan sebagai pendanaan kampanye yang sangat besar. Warga yang ingin menyumbangkan dananya pun bisa mendonasikannya melalui sistem daring.

"Saya menghormati dan mendukung yang dilakukan relawan. Karena kita harus kerja bersama-sama. Karena pilkada ini juga kan bersama-sama," ujar Emil.

Sementara itu, jumlah sumbangan untuk perorangan pun dibatasi mulai dari Rp10.000 hingga maksimal Rp75 juta. Sedangkan untuk perusahaan maksimal Rp750 juta. Mereka pun menolak transaksi secara tunai agar pendataannya jelas dan transparan.

Menurut Pembina Relawan Jabar Juara Aat Suratin, Relawan Jabar Juara bukanlah bagian dan tidak memiliki kaitan dengan partai politik mana pun. Namun, mereka akan berkerja sama dengan parpol pendukung Emil yakni NasDem, PKB, PPP dan Golkar.

“Relawan Jabar Juara adalah simpul relawan yang tidak memiliki keterkaitan dengan partai politik. Nantinya kami akan bekerjasama dengan partai-partai politik pendukung Kang Emil, dalam melakukan sosialisasi Kang Emil kepada seluruh warga Jabar,” kata Aat dalam siaran persnya.

Simpul relawan yang tergabung dalam Relawan Jabar Juara dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat itu antara lain Barka, Barmil, Fostarika, Jabarkabakti, Jakamuda, , RKJBR, SGP Center, Trendrk, Madrid, Srikandi Barka, dan CWC.

Apps Bisnis.com available on: