Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

KORUPSI ARAB SAUDI: Sudah 201 Pangeran & Pengusaha Yang Ditangkap

Ajijah Jum'at, 10/11/2017 13:42 WIB
KORUPSI ARAB SAUDI: Sudah 201 Pangeran & Pengusaha yang Ditangkap
Pangeran Alwaleed bin Talal
Reuters

Bisnis.com, RIYADH - Tercatat sudah 201 pangeran dan pengusaha, termasuk menteri dan mantan menteri, yang ditangkapi oleh Kerajaan Arab Saudi terkait kasus korupsi yang disebut merugikan US$100 miliar.

Pengacara pihak kerajaan yang juga Jaksa Agung, Jenderal Saud al-Mojeb mengungkapkan sudah ada 208 orang yang diperiksa untuk dimintai keterangan, dan hanya tujuh orang yang dilepas tanpa tuntutan.

Pembersihan di Saudi ini dimulai Sabtu pekan lalu dengan penangkapan 11 pangeran dan 38 pejabat ofisial dan pengusaha. Mereka semuanya ditahan di hotel bintang lima, di antaranya di Ritz-Carlton Riyadh.

Di antara yang ditahan tersebut adalah miliuner Pangeran Alwaleed bin Talal dan dua putra mendiang Raja Abdullah, salah satunya adalah Pangeran Miteb.

Pangeran Miteb ini, beberapa tahun lalu merupakan pesaing berat penerus tahta kerajaan Arab Saudi. Dan baru-baru ini diketahui Pangeran Miteb menentang penunjukkan Mohammed bin Salman (MBS) sebagai putra mahkota.

Sayangnya, selain segelintir tersangka korupsi yang sudah diketahui identitasnya, pihak pemerintah menolak untuk merilis data-data lengkap ratusan yang sudah ditahan.

Buntut kasus korupsi tersebut, pemerintah Arab Saudi kini telah membekukan 1.700 rekening pribadi milik para koruptor.

Jaksa Agung Arab Saudi mengatakan sedikitnya US$100 miliar atau sekitar Rp1.352 triliun disalahgunakan melalui korupsi dan penggelapan yang sistematis selama beberapa dekade.

 

Apps Bisnis.com available on: