Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

Hadapi Persaingan Global Era Digital, UMKM Harus Digandeng Perbankan

Kahfi Kamis, 09/11/2017 18:52 WIB
Hadapi Persaingan Global Era Digital, UMKM Harus Digandeng Perbankan

 

Bisnis.com, BANDUNG- Dalam kesempatan lokakarya yang digagas PT Bank Rakyat Indonesia Tbk., bertema “Dari Rakyat untuk Rakyat, Membentuk UMKM yang Kuat Guna Memenangkan Persaingan Global”,  Wakil Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jabar Iwan Gunawan mengungkapkan tantangan bagi pelaku UMKM adalah persaingan global melalui pemanfaatan teknologi digital.

Dia mencontohkan sejauh ini pusat perniagaan seperti kawasan Tanah Abang ataupun Pasar Baru di Jakarta, mulai meredup. “Hal itu semestinya berkah bagi pelaku UMKM yang tak bisa dan tak sempat menyewa gerai di pusat-pusat niaga, karena pemasaran dan penjualan bisa dilakukan via gawai saja,” ungkap Iwan di Bandung, Kamis (9/11/2017).

Dia mengungkapkan untuk memacu laju perkembangan UMKM, pelaku usaha harus lebih dulu melengkapi status legal usaha. Karena, tegas Iwan, dengan status legal atau izin yang sesuai, pelaku UMKM mendapat perlindungan hukum, serta mudah membangun kemitraan.

“Untuk mengurus perizinan itu, kami dari Kadin siap membina dan membantu, karena kami melayani para pengusaha, kami menjalankan amanat Undang-undang,” ungkapnya.

Selain itu, Iwan menambahkan jika saat ini pelaku UMKM juga patut berbenah dari sisi sumber daya manusia (SDM). Dengan peningkatan SDM, usaha UMKM akan selalu awas terhadap dinamika pasar maupun perkembangan teknologi terkini.

Kegiatan lokakarya berlangsung serangkaian di tiga kota besar, Surabaya, Bandung, dan Padang. Pada perhelatan di Bandung, sebanyak 150 peserta dari kalangan UMKM mendapatkan beragam materi bahasan yang meliputi pengelolaan keuangan profesional, pemantapan promosi, hingga kesiapan menghadapi era digital.

Pada kesempatan yang sama, Johan, pemilik usaha Kentang Kuring yang merupakan pelaku UMKM Jabar memaparkan jalan sukses dari program kemitraan dengan perbankan. Saat ini, produk milik Johan telah menjajaki pasar ekspor, seperti Malaysia dan Singapura.

Dia mengatakan meski pada awalnya mengalami jatuh bangun usaha, setelah secara serius berbenah dalam hal perizinan maupun SDM, kemitraan dengan perbankan membawa berkah. “Dari kemitraan BRI, saya dapat mengembangkan usaha, karena di sana ada pembinaan dan pengembangan produk, hingga produk saya bisa masuk pasar modern, bahkan ekspor,” ungkap Johan.

Apps Bisnis.com available on: