Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

Perkuat UMKM Hadapi Era Digital, BRI Salurkan 90% Kredit

Kahfi Kamis, 09/11/2017 18:46 WIB
Perkuat UMKM Hadapi Era Digital, BRI Salurkan 90% Kredit

 

Bisnis.com, BANDUNG- PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. melecut gairah pengusaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM di Jawa Barat untuk meningkatkan daya saing melalui lokakarya serta bedah kasus.

Kegiatan berlangsung serangkaian di tiga kota besar, Surabaya, Bandung, dan Padang. Pada perhelatan di Bandung, sebanyak 150 peserta dari kalangan UMKM mendapatkan beragam materi bahasan yang meliputi pengelolaan keuangan profesional, pemantapan promosi, hingga kesiapan menghadapi era digital.

Pemimpin Wilayah BRI Kanwil Bandung M Fankar Umran mengungkapkan perkembangan teknologi informasi dan digital telah mengubah banyak sisi kehidupan, tak terkecuali pola konsumsi dan peta pasar bagi UKM. “Fenomena itu sudah terlihat dari banyaknya toko yang kini tutup, beralih menggunakan platform daring,” ungkapnya pada pembukaan kegiatan bertema “Dari Rakyat untuk Rakyat, Membentuk UMKM yang Kuat Guna Memenangkan Persaingan Global, Kamis (9/11/2017). 

Bahkan, kata Fankar, kondisi itu menerpa semua pelaku usaha secara global. Bagi para pelaku ritel raksasa, lanjutnya, kini mulai melengkapi kekuatan dengan toko daring.

Di sisi lain, meski menjungkirbalikan perekonomian konvensional, kemajuan teknologi digital membuka peluang amat luas bagi para pelaku UMKM. Fankar menyebutkan sejak dini, pelaku UMKM harus berorientasi tak hanya pasar regional ataupun nasional, melainkan hingga level internasional

“Sebab, dengan perekonomian era digital, semua orang bisa menjual produk apapun, kapanpun, dan di manapun, itu peluang bagi UMKM,” katanya.

Sejalan dengan peluang yang terbuka itu, UMKM harus memperkuat kuda-kuda. Saat ini, ungkap Fankar, dunia perbankan menyediakan beragam fasilitas pendanaan bagi pelaku usaha.

Khusus BRI, fokus penyaluran kredit itupun masih didominasi kepada para pelaku kelas UMKM. Sebagai catatan, untuk wilayah Jabar, penyaluran kredit BRI telah mencapai Rp40 triliun sepanjang tahun berjalan.

“Dari jumlah itu, 90% atau Rp36 triliun disalurkan kepada pelaku UMKM,” kata Fankar.

Belum lagi fasilitas kredit lunak seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat), dari BRI saja telah menyalurkan Rp7 triliun untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. Dengan catatan itu, nasabah kredit UMKM telah mencapai 500.000 orang.

Apalagi, saat ini, BRI juga ikut menggenjot program Laku Pandai yang menyasar tujuan inklusi keuangan hingga ke pelosok. Di Jabar, terdapat 14.000 agen keuangan inklusi BRI yang siap melayani para pelaku UMKM dari dekat.

“Setidaknya, untuk fasilitas modal atau keuangan, pihak perbankan telah siap, khususnya BRI. Tinggal bagaimana UMKM juga ikut meningkatkan daya saingnya,” kata Fankar.

 

Apps Bisnis.com available on: