Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

8 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Ilham Budhiman Kamis, 09/11/2017 09:07 WIB
8 Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan Tubuh

Bisnis.com, BANDUNG -- Lidah buaya adalah tanaman ajaib. Tanaman yang mudah tumbuh ini sering digunakan keperluan medis di seluruh dunia. Manfaatnnya tidak main-main, selain untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga bisa mengobati luka bakar.

Dilansir Boldsky, tanaman ini bisa juga diminum dengan cara di jus untuk kesehatan hingga untuk keperluan kosmetik. Dan berikut 8 manfaat lidah buaya bagi kesehatan:

1. Menhambat pertumbuhan bakteri

Tanaman lidah buaya mengandung vitamin, mineral, dan senyawa obat. Salah satu senyawa tersebut adalah polifenol, yang memiliki sifat antioksidan kuat dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya yang menyebabkan berbagai penyakit pada manusia.

2. Sembuhkan luka bakar

Baik dari sengatan sinar matahari sederhana sampai luka bakar tingkat dua, lidah buaya dapat membantu kulit yang terbakar hanya dengan dioleskan secara topikal dalam bentuk gel.

Lidah buaya dapat mengurangi waktu penyembuhan sebanyak 9 hari dibandingkan dengan salep bakar konvensional dan pilihan pengobatan lainnya.

3. Mencegah penyakit gigi

Plak gigi, yang merupakan biofilm bakteri di sekitar gusi dan gigi menjadi dasar penyakit gigi, termasuk rongga dan radang gusi. Sebuah penelitian terhadap 300 responden menemukan fakta bahwa berkumur dengan jus lidah buaya 100 persen sama efektifnya dengan chlorhexidine (obat kumur).

Lidah buaya berhasil melakukan ini melalui sifat antibakterinya yang membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri utama di mulut.

4. Mengobati sariawan

Lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan sariawan. Sariawan biasanya disebabkan beberapa hal termasuk makanan yang dikonsumsi.

Ketika sariawan muncul, ldah buaya bisa dijadikan obat alternatif dengan mengonsumsinya. Di sinilah peran lidah buaya mampu mempercepat proses penyembuhan.

5. Obat pencahar sembelit

Zat lilin berwarna kuning yang menempel pada permukaan bawah daun lidah buaya mengandung senyawa aloin atau barbaloin, yang merupakan zat pencahar yang ampuh bagi pencernaan lainnya.

6. Awet muda

Lidah buaya memiliki khasiat antipenuaan yang manjur karena membuat kulit halus dan kenyal dengan meningkatkan produksi kolagennya. Sehingga kulit wajah tetap terhidrasi dan tidak kering.

7. Obat tradisional diabetes tipe 2

Ketika pasien diabetes tipe 2 mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur, vitamin ini meningkatkan sensitivitas insulin tubuh dan juga membantu mengatur kadar gula darah.

8. Antiketombe dan kulit kepala

Ampuh mengobati peradangan ketombe dan kulit kepala.  Gel lidah buaya mengandung vitamin dan mineral yang mampu menghidrasi kulit kepala. Di samping itu, lidah buaya adalah kondisioner hebat yang akan membuat rambut halus.

Apps Bisnis.com available on: