Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 18 Desember 2017

Korut Kian Membuat Panas, AS Terjunkan Tiga Kapal Induk Latihan Perang Di Pasifik

Kahfi Selasa, 07/11/2017 18:58 WIB
Korut Kian Membuat Panas, AS Terjunkan Tiga Kapal Induk Latihan Perang di Pasifik

 

Bisnis.com, WASHINGTON- Dalam safari politik ke beberapa negara Asia sejak awal pekan ini, Presiden AS Donald Trump terus berkoar dan menyindir pemimpin Korut Kim Jong Un.

Dalam safari selama dua belas hari itu, Trump telah bertandang ke Tokyo, Jepang pada Senin kemarin. Tak lupa, pada kesempatan tersebut, dia melontarkan ancaman kepada Korut, “strategi yang lunak telah berakhir.”

Trump menganggap Korut membandel dengan melanjutkan program pengembangan nuklir, termasuk membuat misil jarak jauh yang mengancam daratan AS. Dia juga mengancam jika AS siap membumihanguskan Korut, untuk mempertahankan keselamatan negerinya dan para sekutu.

Tak hanya itu, Trump melemparkan cacian kepada Kim Jong Un, seperti “manusia roket” yang tengah melancarkan misi bunuh diri. Sebaliknya Kim membalas dengan mengatakan Trump seperti “orang Amerika yang gila dan pikun.”

Situasi ikut memanas dengan manuver AS dan para sekutu melakukan latihan. Seiring dengan kunjungan Trump, tiga kapal induk AS bergerak ke pasifik untuk melakukan latihan bersama, mereka beriringan membentuk formasi penyerang.

Tiga kapal induk yaitu USS Nismitz, the Ronald Reagan, the Theodore Roosevelt dan armada laut lainnya. Peristiwa ini merupakan perdana sejak sedekade, yaitu latihan bersama yang diikuti formasi lengkap pada level regional.

Kekuatan AS itu akan bergabung dengan kapal perusak Jepang, Inazuma. Pejabat Jepang mengiyakan latihan tersebut akan berlangsung selama tiga hari bersama kapal induk Reagan dan kapal perang India di lautan Jepang.

Di sisi lain, Pejabat AS sebelumnya hanya menyebutkan latihan militer di laut bersama negara sekutu masih dipertimbangkan. Akan tetapi, dalam keterangan kemudian, keputusan melakukan latihan diambil cepat dan tanpa pemberitahuan public.

 

Apps Bisnis.com available on: