Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Imbangi Korut, Trump Sarankan Jepang Beli Senjata Anti Misil AS

Kahfi Senin, 06/11/2017 19:23 WIB
Imbangi Korut, Trump Sarankan Jepang Beli Senjata Anti Misil AS
Donald Trump dan Hillary Clinton
Reuters

 

Bisnis.com, TOKYO- Presiden AS Donald Trump mengungkapkan Jepang akan mampu menembak jatuh misil milik negeri tetangga Korea Utara (Korut) saat melintas di udara, asalkan mendatangkan persenjataan  mutakhir buatan negeri ‘Abang Sam’.

 

Dikutip dari Reuters, Senin (6/11/2017), Trump menyarankan agar Jepang mengambil kebijakan yang lebih tegas atas manuver Korut. Karena itu, dia menyarankan Jepang membeli perlengkapan senjata dari AS yang mampu meledakan misil jarak jauh.

 

Hal itu sejalan dengan kekahwatiran manuver agresif yang dianggap masih dipamerkan Korut. Belakangan, Korut dianggap mengabaikan ancaman sanksi DK PBB terkait program nuklir, bahkan secara terbuka mengembangkan misil jarak jauh yang mampu menjangkau daratan AS.

 

Trump telah mengadakan diskusi dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Orang nomor satu AS itu mengulang pidatonya terkait perlakuan sepadan bagi aksi agresif Korut.

 

Menurutnya, aksi agresif Korut akan dihadapi kekuatan negara besar, termasuk Jepang dan Korsel yang merupakan sekutu AS. Sebab itu, Trump menyarankan kebijakan yang lebih keras dari Jepang.

 

Di sisi lain, Trump menyinggung transaksi perdagangan Jepang terhadap AS yang rendah defisit. Karena itu, Trump mendorong pembelian senjata oleh Jepang.

“Dia akan menembak mereka di udara ketika melengkapi pembelian perlengkapan senjata dari AS,” ungkap Trump terkait ancaman misil Korut.

 

Trump mengungkapkan rekan sejawatnya menyetujui rencana pembelian senjata itu. “Perdana Menteri akan memutuskan pembelian besar terkait peralatan militer,” kata Trump.

Apps Bisnis.com available on: