Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 November 2017

Pemkot Bandung Jajaki Kerja Sama Dengan India

Ilham Budhiman Jum'at, 03/11/2017 12:55 WIB
Pemkot Bandung Jajaki Kerja Sama dengan India
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menerima kunjungan Duta Besar India Pradeep Kumar Rawat di Pendopo Kota Bandung pada Kamis (2/11) malam. Selain kunjungan kerja, kedatangan Pradeep juga untuk menjajaki kerja sama salah satunya di bidang kesehatan.

Menurut Pradeep, India telah menjadi rujukan kesehatan bagi negara-negara Asia Tengah dan Timur Tengah. Pradeep mengatakan, hal itu karena biaya yang dikeluarkan untuk berobat kesehatan di sana relatif lebih murah.

"Biaya hidup, biaya pengobatan juga murah. Mereka (Asia Tengah dan Timur Tengah) memilih India karena mereka bisa menghemat sangat jauh ketimbang harus ke Singapura," jelas Pradeep seperti dalam siaran pers Humas Pemkot Bandung, Jum'at (3/11).

Meskipun begitu, menurutnya bukan berarti kualitasnya rendah. Pradeep menjelaskan, mereka telah memiliki teknologi yang canggih dan tim medis yang profesional.

"Kami juga produksi obat-obatan yang dijual ke 50 negara di Afrika," katanya.

Sementara Ridwan Kamil mengatakan, selain di bidang kesehatan, pihaknya akan menggelar festival kebudayaan India pada malam tahun baru 2018. "Selama ini kita belum pernah tematik, ya, kalau tahun baruan. Kita mulai saja tahun ini dengan tema India," ungkap Ridwan Kamil.

Kota Bandung juga, kata Ridwan Kamil, berencana akan menjalin kerja sama sister city di India. Namun, baik Ridwan maupun Pradeep belum menyebutkan target kotanya di India.

Selain diplomasi Budaya dan sister city, Pemerintah India juga menawarkan beasiswa capacity building untuk aparatur pemerintah di India. Selama ini, Ridwan sering menyekolahkan pegawai terbaiknya ke luar negeri untuk peningkatan kapasitas diri.

"Kita pernah ke Lee Kuan Yew School of Public Policy, pernah juga ke Seoul, dan ke Oregon di Amerika Serikat," ucapnya.

Apps Bisnis.com available on: