Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Peneliti Ini Sebut Alien Mirip Manusia?

Ilham Budhiman Jum'at, 03/11/2017 09:13 WIB
Peneliti Ini Sebut Alien Mirip Manusia?
Foto:Web

Bisnis.com, BANDUNG -- Peneliti menyatakan bahwa alien bisa saja lebih mirip dengan manusia daripada seperti makhluk yang biasa digambarkan dan dipikirkan yakni sebuah monster.

Dilansir Daily Mail, penelitian tersebut menunjukkan bahwa alien berpotensi dibentuk oleh proses sama yang membentuk manusia, seperti seleksi alam, sehingga dapat terlihat seperti manusia.

Penelitian dari Universitas Oxford itu telah menunjukkan untuk pertama kalinya bagaimana teori evolusioner dapat digunakan untuk memprediksi perilaku alien.

Teori mereka mendukung argumen bahwa bentuk kehidupan asing menjalani seleksi alam, dan seperti manusia, berkembang menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu.

"Tugas mendasar bagi ahli astrobiologi sedang memikirkan kehidupan ekstra-terestrial apa adanya. Tapi membuat prediksi tentang alien itu sulit. Kami hanya memiliki satu contoh kehidupan, yaitu kehiduoan di Bumi,” kata penulis utama studi Sam Levin.

Pendekatan masa lalu di bidang astrobiologi sebagian besar bersifat mekanistik, mengambil apa yang dapat dilihat di Bumi, dan apa yang manusia ketahui tentang kimia, geologi dan fisika untuk membuat prediksi tentang alien.

Dengan menggunakan gagasan seleksi alam alien sebagai kerangka kerja, para peneliti membahas evolusi ekstra-terestrial, dan bagaimana kompleksitas akan muncul di luar angkasa.

"Kami masih belum bisa mengatakan apakah alien akan berjalan dengan dua kaki atau memiliki mata hijau besar. Tapi kami percaya bahwa teori evolusioner menawarkan alat tambahan yang unik untuk mencoba memahami seperti apa alien itu, dan kami telah menunjukkan beberapa contoh prediksi kuat yang bisa kami buat,” kata Levin.

"Dengan memprediksi bahwa alien telah mengalami transisi besar, begitulah kompleksitas yang muncul pada spesies di Bumi, ada tingkat prediktabilitas terhadap evolusi yang akan menyebabkan mereka terlihat seperti manusia,"

Apps Bisnis.com available on: