Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

PERINGATAN SUMPAH PEMUDA

Ekspedisi 28 Gunung: Eiger Diganjar Rekor MURI

Ilham Budhiman Sabtu, 28/10/2017 19:13 WIB
Ekspedisi 28 Gunung: Eiger Diganjar Rekor MURI
Jumpa pers ekspedisi 28 Gunung
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober ini, Eiger selaku produsen alat-alat pendakian menggelar ekpedisi 28 gunung di sejumlah wilayah Indonesia. Tak tanggung, ekspedisi ini pun diganjar rekor Muri lantaran dilakukan serempak dalam satu waktu.

"Ekspedisi pendakian 28 gunung ini resmi dicatat di Museum Rekor lndonesia (Muri), dengan pencapaian pembacaan teks sumpah pemuda secara serentak di kawasan gunung lndonesia terbanyak,” kata Jaya Suprana di outlet Eiger, dalam acara ekspedisi 28 Gunung, Jalan Sumatera Kota Bandung, pada Sabtu (28/10).

Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung Galih Donikara menambahkan, ada sekitar 120 orang yang mendaki ke-28 gunung tersebut. Pemilihan 28 gunung ini pun dipilih karena mampu mewakili keanekaragamam hayati di tiap medan tropis dengan berbagai karakteristiknya.

"Mulai dari wilayah barat, tengah, dan timur yang masing-masing berbeda karakteristiknya. Hal ini penting buat catatan buku hasil akhir kegiatan ini yang akan dibagikan kepada masyarakat penggiat alam bebas, khususnya para pendaki gunung.” katanya.

Masing-masing tim dari 28 gunung tersebut, kata Galih, telah mencapai puncak 28 gunung pada hari ini untuk membacakan teks Sumpah Pemuda secara serentak dan ditayangkan secara live streaming. Dia menyebut tidak ada rintangan yang dihadapi tim ketika pendakian.

"Syukur semua berjalan lancar. Bahkan dari ekpedisi ini diikuti oleh anak-anak yang paling muda berusia 11 tahun hingga yang berusia 65 tahun," kata dia.

Sementara itu, ke-28 gunung dari Provinsi Sumatera hingga Papua tersebut di antaranya Gunung Kemiri, Sibuatan, Talang, Kerinci, Masurai, Dempo, Patah, Pesagi, Pulosari, Ciremai, Slamet, Semeru, Merapi, Palung, Halau-halau, Beriun, Klabat, Tambusisi, Rore Katimbu, Gandang Dewata, Mekongga, Latimojong, Rinjani, Tambora, Koya-koya, Kelimutu, Binaiya, dan Carstensz.

Apps Bisnis.com available on: