Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

Petani Muda Jebolan SD Asal Lembang Dapatkan Penghargaan FAO

Newswire Kamis, 26/10/2017 13:57 WIB
Petani Muda Jebolan SD asal Lembang Dapatkan Penghargaan FAO
Antara

 

Bisnis.com, BANDUNG- Petani muda  lulusan Sekolah Dasar (SD) asal Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Ulus Pirmawan,  memperoleh penghargaan dari lembaga PBBFood and Agriculture Organization (FAO) sebagai petani teladan pada peringatan Hari Pangan Sedunia di Bangkok, Thailand, 16 Oktober.

Ulus Pirmawan mewakili Indonesia bersama empat petani teladan lainnya di kawasan Asia, Nepal, Jepang, Thailand, dan Srilangka.

"Saya mendapatkan penghargaan di bidang sektor pertanian terpadu dan memotong rantai makanan serta budidaya ramah lingkungan," kata Ulus Pirwan,  pria kelahiran 16 Februari 1974 yang tinggal di Kampung Gandok, Desa Sunten Jaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat,  saat dihubungi Antara, di Jakarta, Minggu.

Dia mengaku tidak menyangka bakal mendapatkan penghargaan dari lembaga dunia tersebut karena selama ini dirinya  hanya bekerja dan bekerja sebagai petani serta mengangkat nasib petani melalui Kelompok Tani Wargi Panggupay.

Kelompok Tani Wargi Pangguyap itu dimaksudkan untuk mengangkat harkat martabat petani yang selama ini hanya bekerja dari pagi sampai sore dan sama sekali tidak memikirkan pemasarannya. Sebelumnya produk petani  hanya dijual kepada tengkulak yang tentu tidak menguntungkan petani.  

"Saya ingin mengangkat mereka dari petani biasa menjadi pengusaha tani," katanya.

Ia mengatakan, petani harus memiliki kemampuan lebih dari mengetahui kalender masa tanam, apa yang harus diproduksi, sampai berapa banyak yang harus diproduksi.

Melalui Kelompok Tani Wargi Panggupay yang memiliki lima kelompok, petani bisa mengekspor sayur ke Singapura serta rutin dam menjual ke Toko Tani Indonesia Center di Ragunan, Jakarta Selatan. Setiap kelompok  itu  terdiri atas 20 petani.

Pasokan cabai merah Gapoktan Wargi Pangupay ke Toko Tani Indonesia Center sampai Rp11 juta per hari. Selain itu, produk pertanian binaan Ulus juga menghasilkan baby buncis, tomat, kol, brokoli, sawo, dan terong yang didistribusikan ke wilayah Bandung dan Jabodetabek.

"Intinya kelompok tani kami ini bagaimana untuk mempermudah mencari jaringan pasar," katanya.

Apps Bisnis.com available on: