Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Persib Klub Terpopuler Di Dunia Urutan Ke-12 Kalahkan PSG Dan Inter

Ilham Budhiman Rabu, 25/10/2017 17:17 WIB
Persib Klub Terpopuler di Dunia Urutan ke-12 Kalahkan PSG dan Inter
Persib Bandung
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG -- Selamat! Meski tengah terpuruk pada kompetisi Liga 1, Persib Bandung patut bangga lantaran masuk klub terpopuler ke-12 dunia versi The Top Tens. Bahkan, klub berjuluk Maung Bandung itu mengalahkan klub terbaik dunia seperti Paris Saint-Germain (13), Inter Milan (14) dan Atletico Madrid (15).

The Top Tens adalah sebuah situs polling yang memberikan kesempatan pada pengunjung dunia maya untuk memberikan suaranya terhadap segala hal yang mereka sukai, termasuk klub sepak bola.

Dengan memberlakukan sistem voting untuk menentukan siapa klub populer di dunia saat ini, maka siapa saja yang menilai klub tersebut bagus dan populer hanya tinggal memvotingnya.

Setidaknya ada 9335 beragam komentar saat ini yang muncul di mana Persib menempati urutan ke-12. Seperti salah satu komentar yang menyebut jika Persib telah mendarah daging di masyarakat Jawa Barat khususnya Kota Bandung.

"PERSIB bukan hanya klub sepak bola, daging dan darah PERSIB telah menjadi tradisi yang dikirim Jawa Barat & Bandung dari kakek, nenek, orang tua dan anak-anak. Persib akan selalu ada di hati kita tidak peduli apa yang terjadi kita akan selalu mendukung PERSIB," tulisnya.

"Di LCA, Persib sampai ke perempat final. Ini adalah prestasi fenomenal dan tertinggi bagi klub asal Asia Tenggara. Dan tentu saja Persib memiliki manajemen klub terbaik di Indonesia, tanpa sepeser pun dana pemerintah. Persib juga didukung oleh jutaan penggemar fanatik," timpal komentar lain.

Memang, meski tengah terpuruk pada Liga 1 musim ini, Persib Bandung tetap menjadi klub idola masyarakat Bandung bahkan Jawa Barat. Hadirnya dua megabintang seperti Michael Essien dan Carlton Cole menjadi daya tarik tersendiri.

Namun, prestasi klub populer versi The Top Tens tidak dibarengi dengan prestasi di Liga 1. Persib kini bercokol di peringkat ke-12. Atau sama persis menempati posisi di klub terpopuler dunia saat ini. Meski demikian, klub berkostum biru itu selamat dari jurang degradasi.

Di sisi lain, klub Indonesia lain yang bercokol di The Top Tens adalah Persebaya Surabaya. Klub tersebut menempati urutan ke-17. Sementara klub terpopuler di urutan pertama dan seterusnya antara lain Barcelona, Real Madrid, Manchester United, Bayern Munchen, Chelsea, Arsenal, Juventus, AC Milan, Liverpool, Manchester City dan Borussia Dortmund.

Apps Bisnis.com available on: