Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

Catatan Soal Rahasia Hidup Bahagia Yang Ditulis Einstein Dilelang

Ihya Ulum Aldin Rabu, 25/10/2017 18:12 WIB
Catatan Soal Rahasia Hidup Bahagia yang Ditulis Einstein Dilelang
Dua lembar catatan yang ditulis Einstein pada tahun 1922 ini dilelang
AFP

Bisnis.com, BANDUNG – Nama Albert Einstein sangat identik dengan sains, tapi dua buah catatan yang ditulis tangan oleh dirinya, mengungkapkan bahwa mengejar ambisi tidak menjamin kebahagiaan. Pemikiran fisikawan asal Jerman tentang rahasia hidup bahagia itu terungkap setelah 95 tahun.

Einstein merupakan peraih Penghargaan Nobel di bidang fisika 1921. Namun, penghargaan tersebut baru diumumkan pada 1922, tepat saat Einstein sedang berada di Hotel Imperial di Tokyo untuk tur ceramah.

Saat itu, seorang kurir dari Hotel Imperial memberitahu soal kabar ini. Namun, kurir tersebut menolak saat Einstein hendak memberikan tip kepadanya karena peraturan hotel tersebut melarangnya.

Einstein tidak ingin kurir tersebut pergi dengan tangan hampa. Jadi, Einstein menulis dua catatan dalam bahasa Jerman, menurut kerabat kurir tersebut yang tidak ingin disebutkan namanya, seperti dilansir AFP.

"Mungkin jika Anda beruntung, catatan tersebut akan menjadi jauh lebih berharga daripada sekadar tip biasa," kata Einstein kepada pembawa pesan tersebut, menurut kerabat kurir.

Kerabat kurir ini pula yang menjual kedua lembar catatan tangan Einstein melalui acara lelang yang rencananya akan dilakukan di rumah lelang Winner’s.

Catatan pertama yang berstempel Imperial Hotel Tokyo, berisi pesan: "Kehidupan yang tenang dan sederhana membawa lebih banyak kegembiraan daripada mengejar kesuksesan yang terikat kegelisahan."

Catatan kedua berisi: “Di mana ada keinginan, di situ ada jalan.”

Salah satu orang yang bertanggung jawab atas koleksi Einstein di Universitas Ibrani Yerusalem, Roni Grosz, mengatakan bahwa tidak bisa dipastikan apakah catatan tersebut merupakan cerminan renungan Einstein sendiri atau bukan.

“Apa yang kita lakukan di sini adalah menggambarkan potret Einstein soal manusia, ilmuwan, atau pengaruhnya terhadap dunia, melalui tulisan-tulisannya," kata Grosz seperti dilansir oleh AFP.

Apps Bisnis.com available on: