Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Cristiano Ronaldo Dinobatkan Jadi Pemain Tebaik Dunia 2017

Ihya Ulum Aldin Selasa, 24/10/2017 08:10 WIB
Cristiano Ronaldo Dinobatkan Jadi Pemain Tebaik Dunia 2017
Cristiano Ronaldo raih penghargaan pemain terbaik dunia
Instragram: fifaworldcup

Bisnis.com, INGGRIS – Cristiano Ronaldo dinobatkan sebagai pemain sepak bola pria terbaik di dunia dalam acara The Best FIFA Football Awards 2017 yang diselenggarakan di London, Inggris, Selasa (24/10) dini hari WIB atau Senin waktu setempat.

Penyerang Real Madrid dan Portugal berusia 32 tahun ini mengungguli mega bintang Barcelona Lionel Messi dan pemain Paris Saint-Germain Neymar yang masuk tiga besar nomasi ini.

Walaupun dari catatan individu, Ronaldo masih kalah jumlah gol dan assist dari Messi, namun Ronaldo mengungguli Messi dari segi jumlah trofi yang diraih. Musim lalu, di semua kompetisi baik di klub maupun di timnas, Messi mencetak 50 gol dan 13 assist, sedangkan Ronaldo hanya 47 gol dan 10 assist.

Sayangnya, Messi hanya mampu mengantar Barcelona meraih Copa del Rey, sedangkan Ronaldo membawa Real Madrid meraih gelar juara Liga Champions, La Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa.

Penghargaan lain juga diberikan dalam acara ini. Pesepak bola wanita, Lieke Martens, yang bermain  untuk Barcelona dan timnas Belanda, memenangkan pemain wanita terbaik.

Pelatih Real Madrid asal Prancis, Zinedine Zidane, ditunjuk sebagai pelatih pria terbaik, sedangkan pelatih timnas wanita Belanda, Sarina Wiegman, menjadi pelatih wanita terbaik.

Pemain Arsenal, Olivier Giroud, juga tak lepas dari penghargaan dengan menerima penghargaan Puskas untuk gol terbaik 2017 atas 'tendangan kalajengking'-nya saat melawan Crystal Palace pada bulan Januari lalu.

Celtic mendapatkan penghargaan Fan Award setelah menampilkan koreografi memukau dalam laga kontra Hearts di Celtic Park, Mei silam. Koreografi tersebut untuk merayakan 50 tahun Celtic memenangkan Liga Champions. Stadion dibuat menjadi berwarna mayoritas hijau sepanjang 360 derajat.

Acara ini juga memberikan penghargaan FIFPro World 11 di mana terdiri dari sebelas pemain di masing-masing posisi. Berikut daftarnya:

Kiper

Gianluigi Buffon (Italia, Juventus)

Bek

Dani Alves (Brazil, Juventus/Paris Saint-Germain),

Leonardo Bonucci (Italia, Juventus/AC Milan),

Sergio Ramos (Spanyol, Real Madrid),

Marcelo (Brazil, Real Madrid)

Gelandang

Luka Modric (Kroasia, Real Madrid)

Toni Kroos (Jerman, Real Madrid)

Andres Iniesta (Spanyol, Barcelona)

Penyerang

Lionel Messi (Argentina, Barcelona)

Cristiano Ronaldo (Portugal, Real Madrid)

Neymar (Brazil, Barcelona/Paris Saint-Germain)

Apps Bisnis.com available on: