Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 21 Juni 2018

BKPRD Jabar Belum Menjadwalkan Pembahasan Proyek Metro Kapsul

Wisnu Wage Senin, 23/10/2017 09:25 WIB
BKPRD Jabar Belum Menjadwalkan Pembahasan Proyek Metro Kapsul
Bandung Metro Kapsul
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadwalkan pembahasan Metro Kapsul di level pleno Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Jabar. 

Kadishub Jabar Dedi Taufik mengaku kelanjutan proyek ini memang bergantung dari hasil telaahan provinsi mengingat menyangkut tata ruang.

“Metro kapsul secara aturan harus menunggu Pemprov. Seperti trase harus dilihat dari berbagai sudut pandang,” paparnya pada bisnis, Minggu (22/10/2017).

Menurutnya pembahasan trase menjadi penting karena pihaknya akan menilai dari berbagai aspek seperti adanya konektifitas antar moda di setiap titik, juga sinkronisasi dengan proyek-proyek yang tengah digarap pusat seperti Kereta Cepat dan LRT.

“Jangan sampai jadi tapi nanti nggak ada konektifitas,” katanya.

Dia mengaku sudah menyampaikan informasi proyek tersebut pada Kementerian Perhubungan. Namun pusat meminta agar proyek ini terintegrasi dengan proyek moda transportasi yang lain. Selain itu diharapkan proyek ini tak hanya sebatas memikirkan kebutuhan Bandung semata.

“Tak hanya Kota Bandung tapi harus Metro Bandung Raya,” ungkapnya.

Selain menyangkut konektifitas antara moda kereta, proyek ini juga harus dipikirkan terkait keterkaitan dengan bus rapid transit. Dedi meminta Pemkot Bandung bersabar mengingat pembahasan ini harus hati-hati karena menyangkut tata ruang.

“Ini menjadi level BKPRD, karena ada persoalan ruang dan bangkitan dari koridor. Sementara belum ada jadwal,” katanya.