Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

Tren Baru Menikmati Kopi: Menambahkan Sedikit Garam

Ihya Ulum Aldin Senin, 23/10/2017 18:44 WIB
Tren Baru Menikmati Kopi: Menambahkan Sedikit Garam
Kopi Morning Glory (Ilman
Bisnis)

Bisnis.com, BANDUNG – Penikmat kopi merupakan kelompok yang cukup kreatif. Mereka selalu menemukan cara baru untuk menikmati segelas kafein. Termasuk tren baru dalam menikmati kopi, yaitu dengan menambahkan garam ke dalam segelas kopi.

Cara ini terdengar aneh memang. Namun ternyata cara yang katanya mampu meningkatkan rasa ini, didukung oleh ilmu sains lewat penelitian yang tertulis di jurnal Nature seperti dilansir oleh independent.co.uk.

Jika kopi Anda terasa sangat pahit, maka sedikit garam akan membantu melunakkan keseluruhan rasa. Jurnal tersebut menjelaskan bahwa ion natrium menekan kepahitan pada kopi dan benar-benar meningkatkan rasa.

Ini bukan pertama kali pakar memuji sifat garam. Beberapa penikmat minuman kagum dengan kemampuan garam dalam menghaluskan dan menyeimbangkan rasa sebotol wine murah.

Seperti yang pernah dialami oleh mantan Chief Technology Officer Microsoft, Nathan Myhrvold. Dirinya tidak sengaja membuat penemuan unik di sebuah pesta makan malam.

Dirinya tak sengaja menambahkan sedikit garam ke dalam gelas wine tamunya. Akibatnya, Nathan menemukan bahwa rasa wine secara keseluhatan malah semakin enak.

Namun, kita perlu berhati-hati dalam menambahkan garam ke dalam segelas kopi atau wine. Pasalnya, kita hanya perlu menambahkan sejumput garam saja ke dalam gelas kita.

Jika kita menambahkan garam terlalu banyak, bukan tidak mungkin kopi atau wine kita malah memiliki rasa yang lebih buruk dari sebelumnya.

Apps Bisnis.com available on: