Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 Februari 2018

Pemprov Jabar Ajak Anies-Sandi Atasi Banjir Bersama-sama

Wisnu Wage Selasa, 17/10/2017 10:30 WIB
Pemprov Jabar Ajak Anies-Sandi Atasi Banjir Bersama-sama
Anies Baswedan-Sandiaga Uno
Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa melanjutkan kerja sama sejumlah proyek strategis dua daerah terutama terkait penanganan banjir Jakarta.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengatakan banyak program yang bisa dikerjasamakan dan dilanjutkan oleh Anies dan pasangannya Sandiaga Salahudin Uno dengan pihaknya.

“Banyak yang bisa dikerjasamakan, terutama dengan daerah penyangga Bogor, Depok, Karawang, Bekasi,” katanya pada bisnis, Senin (16/10/2017).

Menurutnya selama ini kejadian banjir di Jakarta kerap ditimpakan penyebabnya pada daerah penyangga. Deddy Mizwar menilai kerja sama dua provinsi ini bisa lebih riil lagi dalam penuntasan pembangunan waduk Sukamahi dan Ciawi di Bogor.

“Ini harus terealisir kerjasama dengan kementerian, agar tidak jadi beban untuk Jakarta,” tuturnya.

Dia menilai kebutuhan Jakarta juga daerah penyangga akan pencegahan banjir lewat dua waduk ini sudah sangat mendesak. Pihaknya meminta Anies-Sandi untuk turut mengawal dan mendorong agar pembangunan fisik waduk tersebut segera selesai.

“Kami berharap peran kedua provinsi bisa makin sinergis, karena selama ini koordinator ada di kementerian,” katanya.

Jakarta menurutnya bisa turut membantu proses pembebasan lahan seperti yang pernah dijanjikan Gubernur DKI sebelumnya Basuki Tjahja Purnama. Ketersediaan anggaran di Pemprov DKI dinilai Deddy bisa membantu kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat jika anggaran pembebasan lahan mengalami keterbatasan.

“Kalau duitnya ada bisa membantu,” ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: