Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Tingkatkan Kesadaran Literasi, Cirebon Power Dan PII Sokong Program Pos Indonesia

Kahfi Selasa, 17/10/2017 18:52 WIB
Tingkatkan Kesadaran Literasi, Cirebon Power dan PII  Sokong Program Pos Indonesia
Direktur PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W Setijono dan Presiden Direktur Cirebon Power Heru Dewanto (baju batik)

 

 

 

Bisnis.com, BANDUNG- Cirebon Power bersama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ingin turut berpartisipasi dalam program Free Cargo Literacy (FCL) atau Pustaka Bebas Bea (PBB) yang diinisiasi PT Pos Indonesia, untuk turut berperan menyebarkan ilmu dan inspirasi melalui buku. 

 

Dalam kesempatan ini, Cirebon Power mendonasikan sebanyak 1.700 buku yang akan didistribusikan oleh PT Pos untuk 425 taman bacaan di seluruh Indonesia. Taman bacaan ini telah terdaftar di PT Pos Indonesia, yang akan mendapatkan masing-masing empat buku Buku Inovasi yaitu  Cerita Pendek Tentang Penemuan, Penciptaan, Kreativitas dan Inovasi, karangan Heru Dewanto, Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang juga Presiden Direktur Cirebon Power. 

 

Heru mengatakan, buku ini berisi 48 cerita pendek tentang penemuan, inovasi dan kreativitas yang dihasilkan manusia. Buku ini menceritakan bagaimana berbagai temuan tersebut dihasilkan, proses terjadinya serta latar belakang yang mendorong terjadinya temuan dan inovasi, demi mendorong tumbuhnya cara berpikir kreatif anak sejak usia dini. 

 

"Buku ini ingin menjelaskan bahwa penemuan, inovasi dan kreativitas yang mengubah kehidupan manusia tidak selalu dan tidak harus terjadi melalui riset-riset yang resmi pemerintah, swasta atau perguruan tinggi yang menelan biaya yang mahal,” tuturnya dalam siaran pers, Selasa (17/10/2017).

 

Buku Inovasi dirancang khusus bagi anak-anak tingkat SD & siswa SMP, untuk memperkenalkan mereka dengan berbagai macam inovasi manusia, yang telah membantu dan membentuk kemajuan saat ini. Isi buku bercerita tentang penemuan barang-barang yang digunakan sehari-hari, tujuannya melecut pemaham siswa tentang segala bentuk barang dan teknologi di sekitarnya.

 

Kebutuhan akan buku ini muncul ketika disadari bahwa kebanyakan artikel tentang inovasi lebih sesuai untuk orang dewasa daripada untuk anak-anak sekolah. Penulis menyadari pentingnya siswa dapat belajar dan memahami inovasi sedini mungkin di usia muda. Penulisan teks disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan mencerna anak-anak usia SD dan SMP.

 

Sejak 2016, Cirebon Power telah bekerja sama dengan relawan mahasiswa dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menjalankan program story telling kepada siswa kelas 4-6 di 20 Sekolah Dasar di Cirebon. Pengajaran itu menggunakan Buku Inovasi.

 

Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsih Wahju Setijono menuturkan hingga saat ini sudah terdapat 900 taman bacaan yang terdata di PT Pos Indonesia. Pihaknya mencatat, sejak Mei lalu saat Program Pustaka Bergerak diluncurkan, sudah sekitar 140 ribu buku yang didonasikan ke taman bacaan di seluruh Indonesia.

 

Gilarsih juga mengajak kepada pihak yang lainnya, untuk ikut terlibat dalam kegiatan donasi buku ini.

“Bagi yang memiliki buku yang mau didonasikan, bisa disampaikan melalui PT Pos seperti yang dilakukan oleh Cirebon Power,” kata Gilarsih

 

Apps Bisnis.com available on: