Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Menanti Kelahiran Truk Hidrogen Toyota

Kahfi Senin, 16/10/2017 19:24 WIB
Menanti Kelahiran Truk Hidrogen Toyota
wired.com

 

 

Bisnis.com, CALIFORNIA- Toyota tengah mengujicoba keandalan truk hidrogen di Amerika Serikat. Truk tersebut akan diujicoba pada Oktober ini.

 

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Toyota Motor, Senin (16/10/2017), korporasi asal Jepang itu telah mengembangkan model awal truk bertenaga baterai. Tak hanya itu, truk yang menggunakan hydrogen fuel cell system akan melakukan uji kemudi dalam waktu dekat.

 

Sebelumnya, selaku pimpinan proyek Toyota Motor North America, Inc. (TMNA) juga telah mengetes kendaraan teserbut. Truk ramah lingkungan itu dinilai berhasil mendistribusikan kargo tanpa menmbuang emisi apapun.


Executive Vice President TMNA Bob Carter mengungkapkan dengan pengembangan tersebut, Toyota telah memimpin teknologi ramah lingkungan secara cepat, adopsi teknologi hingga digunakan terhadap truk. “Dari pengenalan kendaraan penumpang Mirai, kami berkreasi untuk menerapkan teknologi yang sama kepada truk berat dalam Proyek Portal,” katanya.

 

Setelah uji pengembangan tuntas, Project Portal yang berbuah truk berat bertenaga hydrogen itu akan menjalani uji kelaikan jalan. Perdana, truk tersebut akan menempuh rute dengan mengangkut barang dari Pelabuhan Los Angeles dan terminal barang Long Beach, melintasi rel serta komplek pergudangan.

 

Rencananya, uji kelaikan perdana akan dimulai pada 23 Oktober. Perkiraan jarak tempuh yang akan dilalui mencapai 200 mil, uji kelaikan itu untuk membuktikan keandalan truk bertenaga hydrogen tersebut.

 

Dalam pengembangan ke depan, TMNA akan berkolaborasi dengan Toyota’s Service Parts Accessoris Operations. Harapannya, pemanfaatan teknologi ramah lingkungan dapat meluas untuk segala fungsi industri dan transportasi. 

Apps Bisnis.com available on: