Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 21 Oktober 2017

PILGUB JABAR 2018: Deal! PDIP-Golkar Sepakat Koalisi

Wisnu Wage Jum'at, 13/10/2017 17:47 WIB
PILGUB JABAR 2018: Deal! PDIP-Golkar Sepakat Koalisi

Bisnis.com,BANDUNG--Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golkar sepakat menjalin koalisi dalam  Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Ketua DPD PDIP Provinsi Jawa Barat Tubagus Hasanudin memastikan setelah berkoalisi di Pilkada Serentak 2018 pihaknya akan berkoalisi dengan Golkar pada Pilgub Jawa Barat 2018.

"Untuk pilgub, kami sepakat dengan sungguh-sungguh, dengan ikhlas berkoalisi bersama Partai Golkar," katanya di Bandung, Jumat (13/10/2017).

Menurutnya kesepakatan ini terjalin di level para petinggi kedua partai di daerah. Hasanudin memastikan keputusan koalisi ini didasari adanya kesepahaman antara PDIP dengan Golkar pada Pilgub Jabar 2018.

“Kami membuat nota kesepahaman, selanjutnya akan kami sampaikan ke DPP partai masing-masing mengenai arah koalisi Golkar dan PDIP ditambah Hanura,” tuturnya.

Namun kesepakatan ini belum pada tahap membahas calon atau kandidat yang akan diusung pada Pilgub mendatang. Pihaknya tetap akan menunggu arahan DPP di Jakarta terkait calon yang akan diusung."Siapa nomor 1 dan 2, akan diputuskan DPP. Buat kami, kami taat terhadap apapun yang diputuskan DPP," jelasnya.

Dia memastikan urusan nama-nama calon akan ditetapkan oleh DPP mengingat partai tersebut sudah melakukan penjaringan sejumlah nama seperti Sekda Jabar Iwa Karniwa, Anggota DPR Puti Guntur Soekarno, Bupati Majalengka Soetrisno dan Sekretaris DPD PDIP Abdy Yuhana.

"Kami juga terbuka kepada parpol lain yang ingin bergabun, tapi syaratnya jangan mengusulkan nama calon (gubernur)," paparnya.

 

Apps Bisnis.com available on: