Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 14 Desember 2017

PILGUB JABAR 2018: Bawaslu Bakal Petakan Daerah Rawan Money Politic

Wisnu Wage Jum'at, 13/10/2017 13:50 WIB
PILGUB JABAR 2018: Bawaslu Bakal Petakan Daerah Rawan Money Politic
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com,BANDUNG--Bawasalu Jabar akan melakukan pemetaan untuk mengetahui daerah paling rawan terjadinya politik uang dalam Pilgub Jabar 2018 mendatang.

Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto mengungkapkan pihaknya akan merumuskan indeks kerawanan pemilu (IKP). Melalui IKP ini pihaknya bisa memetakan daerah di Jabar yang berpotensi terjadi konflik dalam penyelenggaraan Pilkada.

Mulai dari konflik antara pasangan calon dan konflik di antara para pemilih. Namun yang paling rawan terjadi di Jabar adalah politik uang baik yang dilakukan oleh pasangan calon kepada partai atau juga dari pasangan calon kepada pemilih.

"Kita (sedang) merumuskan indeks kerawanan pemilu. (Kita) lagi petakan di 27 kabupaten/kota," katanya di Bandung, Jumat (13/10/2017).

Dia menilai jika melihat dari penyelenggaraan Pilkada sebelumnya pada 2016 lalu di tiga daerah di Jabar yakni Cimahi, Cianjur dan Bekasi masih ditemukan sejumlah pelanggaran yang berpotensi menimbulkan konflik.

Seperti di Kabupaten Cianjur misalnya rawan politik uang dan mobilisasi PNS. Sementara di Kabupaten Bekasi rawan terjadinya politik uang. Semua kejadian ini dinilai perlu diantisipasi sehingga tidak terjadi dalam penyelenggaraan Pilkada atau Pilgub Jabar 2018.

Apps Bisnis.com available on: