Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 21 Oktober 2017

Angkutan Online Di Bandung Berencana Beroperasi Kembali Besok

Wisnu Wage Jum'at, 13/10/2017 10:02 WIB
Angkutan Online di Bandung Berencana Beroperasi Kembali Besok
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Para pengemudi transportasi online di Bandung Raya akan kembali beroperasi pada Sabtu 14 Oktober 2017, setelah melakukan offbid atau tidak beroperasi pada 10-13 Oktober 2017.

Koordinator Lapangan Perkumpulan Pengemudi Online Satu Komando Jawa Barat (Posko Jabar), Tezar Dwi Aryanto, mengatakan selama melakukan offbid, sekitar 7.000 pengemudi transportasi online tidak beroperasi sama sekali.

"Namun, ada saja pengemudi transportasi online yang sembunyi-sembunyi beroperasi," ujarnya, Jumat (13/10/2017).

Meski Dinas Perhubungan Jawa Barat mengimbau para pengemudi transportasi online tidak beroperasi sampai Kementerian Perhubungan RI menetapkan peraturan bagi transportasi online, setidaknya sampai 1 November 2017, namun para pengemudi online tidak bisa mengikuti imbauan tersebut.

"Kami hanya akan offbid selama empat hari, 10-13 Oktober 2017. Setelah itu kami akan beroperasi kembali. Banyak pengemudi transportasi online yang memiliki kebutuhan ekonomi sangat mendesak. Mereka pun punya hak untuk mendapat penghasilan," katanya.

Menurutnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perhubungannya tidak bisa melarang operasi transportasi online. Hanya pemerintah pusat atau Kementerian Perhubungan RI, katanya, yang dapat mengatur dan memberhentikan operasi transportasi online.

"Kami dari transportasi online pun terus berkoordinasi dengan berbagai pihak dari transportasi umum konvensional. Kami terus mendesak pemerintah untuk segera menetapkan peraturan bagi transportasi online," katanya.

Menepis kabar bahwa para pengemudi online ini akan melakukan unjuk rasa, mereka berencana menggelar doa bersama siang ini usai salat Jumat.

Apps Bisnis.com available on: