Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 14 Desember 2017

Tak Gunakan Kaus Kaki, Buruk Untuk Kesehatan Kaki

Ihya Ulum Aldin Selasa, 10/10/2017 14:21 WIB
Tak Gunakan Kaus Kaki, Buruk untuk Kesehatan Kaki
Gaya Mankle yang sedang tren
The Independent

Bisnis.com, BANDUNG - Gaya kasual yang saat ini sedang menjadi tren, biasanya dipadukan dengan memakai sepatu namun tak memakai kaus kaki. Gaya sockless juga dipadukan dengan celana yang ujung bawahnya digulung, bahkan ada yang memadukan dengan celana pendek.

Namun, gaya yang sedang tren ini bisa berefek negatif pada kesehatan kaki Anda. College of Podiatry, sebuah cabang kedokteran yang menangani masalah dan kelainan pada kaki, memperingatkan bahwa hal ini meningkatkan risiko terkena kutu air.

Gaya tidak memakai kaus kaki juga dianggap tidak memikirkan soal kebersihan karena membuat kaki menjadi bau.

Khusus pria, gaya ini memiliki sebutan 'mankle', di mana terbilang baru untuk kalangan pria. Hal ini menjadikan pasien pria yang bermasalah dengan kakinya terus meningkat.

"Secara keseluruhan, kami melihat semakin banyak pria datang kepada kami dengan masalah yang disebabkan oleh alas kaki yang tidak pas dan memilih untuk pergi tanpa kaus kaki," kata Emma Stevenson dari College of Podiatry, seperti dilansir The Independent.

Emma Stevenson juga menjelaskan, hal ini disebabkan oleh produksi keringat pada kaki yang meningkat saat memakai sepatu, apalagi saat dipakai untuk berjalan kaki atau kegiatan lainnya. 

Kaus kaki berfungsi untuk menyerap keringat yang dihasilkan oleh kaki. Jika tidak memakai kaus kaki, maka kaki akan menjadi lembab dan membuat kaki lebih rentan terkena infeksi jamur.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), penyakit kutu air adalah ruam yang paling sering muncul di antara jari-jari kaki, biasanya menyebabkan kulit melepuh, merah, dan gatal.

Biasanya, penyakit ini bisa diatasi dengan mengoleskan krim. Tapi, sebelum itu terjadi, ada baiknya kita mencegah infeksi jamur tersebut dengan cara menggunakan kaus kaki saat memakai sepatu.

Apps Bisnis.com available on: