Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 14 Desember 2017

6 Tanda Bila Tubuh Kekurangan Protein

Ilham Budhiman Senin, 09/10/2017 08:47 WIB
6 Tanda bila Tubuh Kekurangan Protein
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG -- Agar bisa hidup sehat, tubuh membutuhkan semua nutrisi dalam proporsi yang tepat. Kurangnya salah satu nutrisi tersebut merupakan titik awal penyakit.

Protein merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang membantu tubuh mendapatkan energi. Protein adalah energi untuk otot Anda. Tapi, selain itu, tubuh Anda membutuhkan protein untuk banyak fungsi lainnya. Anda membutuhkan protein untuk rambut, tulang, otot, kulit dll.

Bila tubuh kekurangan protein, maka bisa dilihat dari tanda yang ditimbulkan. Dan berikut 6 tanda bila tubuh sedang kekurangan protein seperti dilansir Boldsky. Anda harus benar-benar memperhatikannya.

1. Otot lemah

Protein berperan dalam menjaga otot-otot tetap kuat. Oleh karena itu, jika kita kekurangan protein maka otot-otot cenderung menjadi lemah dan juga mudah mengalami nyeri sendi.

2. Rambut menipis

Kekurangan protein bisa menyebabkan rambut menipis. Rambut rontok pun biasa terjadi tapi ketika tubuh Anda kekurangan protein, ia mencoba mempertahankan tingkat protein daripada menggunakannya untuk melestarikan rambut.

Jadi, jika Anda mengamati bahwa rambut mulai menipis, maka bisa juga menjadi tanda kekurangan protein.

3. Kuku rapuh

Bahkan kuku juga cenderung terpengaruh jika kekurangan protein. Kuku akan rapuh bisa jadi pertanda bahwa Anda membutuhkan lebih banyak protein.

4. Kulit keriput

Tidak hanya kuku, kulit keriput menandakan bila Anda kekurangan protein. Tidak salahnya untuk saat ini mengonsumsi makanan sumber protein guna mencegah keriput pada kulit.

5. Sering sakit

Anda sering jatuh sakit? Bisa saja Anda kekurangan protein sebab kekurangan protein bisa menekan sistem kekebalan tubuh Anda hingga mudah sakit. Anda membutuhkan cukup protein untuk tetap sehat.

6. Sering lelah

Jika tubuh kurang protein dalam waktu lama maka Anda mungkin bisa merasa sering lelah tanpa alasan. Juga, bila tubuh tidak diberi makanan yang mengandung protein secukupnya, tubuh dapat memecah otot dahulu yang tentu bukan hal yang baik.

Apps Bisnis.com available on: