Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 20 Oktober 2017

Len Klaim Mampu Kejar Target 2017

Kahfi Jum'at, 06/10/2017 11:25 WIB
Len Klaim Mampu Kejar Target 2017

Bisnis.com, BANDUNG- PT Len Industri (Persero) mengaku dapat mendongkrak kinerja pada tahun ini seiring dengan garapan proyek yang lebih besar.

Manager Corporate Communication Len Donny Gunawan mengungkapkan hingga realisasi kinerja paruh pertama tahun ini, perusahaan telah berhasil mencetak laba. “Kami optimistis dengan kinerja tahun ini,” ujarnya kepada Bisnis.com, JUmat (6/10/2017).

Sejalan dengan itu, kondisi finansial perusahaan juga dianggap cukup solid. “Kami bisa menutup utang jatuh tempo dengan kas dari garapan proyek,” tambahnya.

Pada tahun ini, berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP), Len menargetkan pendapatan bersih sebesar Rp2,77 triliun. Nilai tersebut naik 19,4% dibandingkan Rp2,32 triliun realisasi pendapatan tahun lalu.

Dari sisi laba bersih, perusahaan membidik capaian senilai Rp54,2 miliar, atau tumbuh 48,1% dibandingkan Rp36,6 miliar pada tahun lalu. Len mengandalkan proyek-proyek besar dari kebijakan pembangunan infrastruktur pemerintah, terutama dalam bidang transportasi.

Pada tahun lalu, Len berhasil mendapatkan kontrak baru senilai Rp5,63 triliun. Capaian itu tumbuh hampir tiga kali lipat dibandingkan Rp2,92 triliun pada tahun sebelumnya.

Realisasi pendapatan pada tahun lalu mencapai Rp2,32 triliun, tumbuh 3,8% dibandingkan Rp2,23 triliun pada 2015. Akan tetapi, capaian itu meleset dari target yang ditetapkan pada tahun lalu.

Sedangkan dari sisi laba yang diatribusikan ke entitas induk, Len mencetak Rp6,14miliar pada tahun lalu. Kinerja tersebut anjlok dibandingkan Rp35,72 miliar pada 2015.

Perusahaan mengaku penurunan laba bersih disebabkan beban usaha yang membengkak. Terlebih, terjadi kemunduran penerimaan dari beberapa proyek yang menggerus arus kas perusahaan.

Tak hanya itu, Len harus mengongkosi biaya bunga yang cukup tinggi. Hal itu dikarenakan hampir seluruh proyek yang digarap mengandalkan pendanaan eksternal.

Apps Bisnis.com available on: