Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 Februari 2018

Wisman Ke Jabar Naik 31,79%, Malaysia Dan Singapura Mendominasi

Ilham Budhiman Senin, 02/10/2017 14:53 WIB
Wisman ke Jabar Naik 31,79%, Malaysia dan Singapura Mendominasi
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Barat pada Agustus mengalami kenaikan sebesar 31,79%. Kunjungan wisman didominasi asal Malaysia dan Singapura.

Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Barat Dody Herlando mengatakan, secara total jumlah wisman yang berkunjung ke Jabar pada bulan lalu tercatat 15.322 orang.

"Kalau Juli kan sebesar 11.626 orang. Otomatis ini terjadi peningkatan. Paling banyak itu dari Malaysia dan Singapura. Mungkin ini karena direct flight," kata Dody Herlando di Kantor BPS Jabar, Senin (2/10).

Dia menerangkan, data tersebut berasal dari kunjungan wisman yang datang melalui Bandara Husein Sastranegara. Dari Malaysia sendiri mencapai 10.216 orang sedangkan Singapura sebanyak 2.124 orang.

Adapun kunjungan wisman lainnya berasal dari Jepang, Tiongkok, Inggris, Jerman, Belanda, Perancis dan Arab Saudi. "Dari negara-negara tersebut juga mengalami peningkatan," ujar Dody Herlando.

Kendati demikian, dia menyebut kunjungan wisman dari beberapa negara mengalami penurunan dari bulan sebelumnya di antaranya wisman asal Filipina, Thailand, Korea Selatan, India, Australia, Amerika Serikat, dan Belanda.

Menurut Dody, dari hasil BPS tersebut, perlu dimaksimalkan kembali agar kunjungan wisman dari negara-negara lain ke Jawa Barat bisa terus meningkat.

"Kan sebagaimana hampir semua propinsi menggarap potensi ekonomi pariwisatanya. Jawa Barat harus mengambil benefit dari sumber daya alam yang dimiliki dan infrastrukturnya," pungkas dody.

Apps Bisnis.com available on: