Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Oktober 2017

Festival Animasi Fokuskan Transaksi Bisnis

Hedi Ardia Minggu, 17/09/2017 16:03 WIB
Festival Animasi Fokuskan Transaksi Bisnis
Ilustrasi Industri Animasi
Reuters

Bisnis.com, CIMAHI - Pelaksanaan Baros International Animation Festival (BIAF) tahun ini akan lebih memprioritaskan pada pencapaian kesepakatan bisnis antara investor dengan animator lokal Cimahi. Rencananya, festival animasi itu akan digelar pada 6-8 Oktober 2017 mendatang.

Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi, Nila Lies Setiawati mengatakan, gelaran BIAF tahun ini merupakan kelima kalinya dilaksanakan oleh pemerintah kota bekerja sama dengan sejumlah pihak termasuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

"Kalau tahun sebelumnya lebih banyak pada aksi unjuk gigi keterampilan animator lokal, tahun ini konsepnya lebih banyak ke bisnis, gimana caranya investor masuk," kata Nila, kepada wartawan, Minggu (17/9/2017).

Diharapkannya, ada semacam kesepakatan berupa penandatanganan Momerendum of Understanding (MoU) antara investor dengan pelaku animasi. Sebelum pelaksanaan BIAF, akan diawali acara temu usaha yang melibatkan pelaku bisnis animasi dengan industri besar, termasuk BUMN.

Selain temu bisnis, akan diisi pula kegiatan talent day pada hari berikutnya. Sedangkan hari terakhir kemungkinan akan digelar lomba cosplay. Secara umum, acara tiga hari BIAF itu antara lain diisi dengan kegiatan yang mengedukasi para pelaku animasi.

"Tempat pelaksanaan acara masih tetap sama di Gedung Technopark Cimahi, Jalan Raya Baros, Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Saat ini persiapannya sudah mencapai 80%," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar menambahkan, bisa dibilang BIAF tahun ini merupakan penghargaan atas dedikasi Wakil Wali Kota Cimahi, Sudiarto, yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Oktober mendatang.

Dia menegaskan, BIAF merupakan ikon Kota Cimahi. Untuk itu, agenda tahunan ini harus berjalan sesuai yang direncanakan dan pada praktiknya akan melibatkan sejumlah pihak terutama komunitas animasi yang memang telah mengharumkan nama kota.

Apps Bisnis.com available on: