Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Oktober 2017

Dana Obligasi Daerah Bisa Diarahkan Untuk Bank Tanah Aerocity Kertajati

Wisnu Wage Minggu, 17/09/2017 11:45 WIB
Dana Obligasi Daerah Bisa Diarahkan Untuk Bank Tanah Aerocity Kertajati

Bisnis.com,BANDUNG--Meski masih berproses jika obligasi diterbitkan, Pemprov Jabar mengincar dana segar untuk membiayai kebutuhan pendanaan pembangunan kawasan aerocity Kertajati.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan kawasan ini butuh biaya besar mengingat luasan lahan mencapai 3.200 hektare. “Diharapkan dananya dipakai untuk kepentingan bank tanah, jadi bisa lewat obligasi daerah,” tuturnya di Bandung, Minggu (17/9/2017).

Iwa mengaku Pemprov Jabar juga membutuhkan dana yang sangat besar untuk pembangunan infrastruktur lain yang ada di sekitar bandara. Pembangunan ini diyakini bisa mendongkrak ekonomi kawasan.

“Kami belum membaca aturan OJK yang baru itu, akan kami pelajari. Ini akan jadi bahan pertimbangan untuk diupayakan kelanjutan pendanaan yang dibutuhkan BUMD,” katanya.

Secara prinsip diakui Iwa pihaknya telah mengantongi izin penerbitan obligasi daerah dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendapat dukungan Bank Indonesia (BI). Di sisi lain proses penerbitan obligasi daerah telah memakan waktu lebih dari dua tahun.

Kesiapan telah meliputi kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM) serta persyaratan lainnya. Bahkan DPRD pun sudah melakukan pembahasan hal ini pada 2015 lalu.

 "Jadi posisi obligasi ini sudah siap,” katanya.

 


Apps Bisnis.com available on: