Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Oktober 2017

Menurut Penelitian, Kecanduan Lari Bisa Gantikan Kecanduan Merokok

Ihya Ulum Aldin Minggu, 17/09/2017 15:43 WIB
Menurut Penelitian, Kecanduan Lari bisa Gantikan Kecanduan Merokok
Ilustrasi
web

Bisnis.com, BANDUNG - Manfaat olahraga bagi kesehatan bukan rahasia lagi dan tampaknya tak ada habisnya. Bukan hanya membuat jantung Anda tetap sehat dan membantu Anda tetap langsing sehingga mengurangi risiko penyakit seperti kanker, diabetes tipe 2, dan stroke saja. Tapi olahraga juga bisa membantu Anda berhenti merokok.

Penelitian dari University of British Columbia menemukan bahwa sebagian perokok yang diminta mengikuti program lari selama 10 pekan, ternyata mampu menghentikan kebiasaan buruk itu selamanya.

"Ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat menjadi cara untuk berhenti merokok dan semakin berhasil apabila dilakukan secara bersama-sama. Karena melakukannya sendiri sangat sulit," ujar salah satu peneliti, Carly Priebe, yang dilansir oleh The Sun.

Dalam penelitian tersebut, 168 perokok dari seluruh Kanada terdaftar untuk mengikuti program lari selama 10 pekan untuk berhenti merokok pada 2016. Tapi, di pekan kesepuluh, hanya tersisa 72 orang saja yang masih bertahan mengikuti program tersebut.

Dari 72 orang perokok tersebut, 37 orang di antaranya atau sekitar setengah dari jumlah peserta yang tersisa, benar-benar berhasil berhenti merokok dibuktikan melalui tes karbon monoksida.

Program ini melibatkan strategi untuk berhenti merokok dengan kegiatan berjalan atau berlari di luar ruangan. Peserta juga melaporkan peningkatan kesehatan mental mereka secara keseluruhan.

"Walaupun seseorang tidak dapat sepenuhnya berhenti merokok, mengurangi merokok sudah sangat bagus buat mereka," Priebe menambahkan.

Priebe juga menjelaskan bahwa peserta yang mengikuti program ini rata-rata tidak pernah rutin berlari sebelumnya. Jika berlari bisa menjadi bagian dari gaya hidup, maka ada manfaat kesehatan yang dapat menangkal beberapa perilaku merokok.

"Karenanya kami meminta para peserta untuk terus mencoba. Jika dalam program pertama ini Anda gagal, coba lagi mengikuti program bersama teman-teman Anda," ujar Priebe.

Apps Bisnis.com available on: