Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Oktober 2017

Hindari Makanan Ini Bila Sedang Menderita Penyakit Kuning

Ilham Budhiman Minggu, 17/09/2017 16:40 WIB
Hindari Makanan Ini Bila Sedang Menderita Penyakit Kuning
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG -- Penyakit kuning merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada warna kulit tubuh yang menguning, sclera (bagian putih pada mata) dengan kelenjar ludah yang disebabkan oleh meningkatnya kadar bilirubin pada tubuh manusia.

Bilirubin terbentuk ketika hemoglobin terurai akibat proses pembaruan sel darah merah yang sudah tua atau telah rusak. Setelah bilirubin terbentuk, zat ini kemudian masuk ke pembuluh darah untuk selanjutnya dibawa ke hati.

Di dalam organ ini, bilirubin kemudian bercampur dengan empedu. Bilirubin yang telah bercampur dengan empedu ini lalu dipindahkan ke saluran pencernaan melalui saluran empedu sebelum akhirnya dibuang ke luar tubuh beserta urine dan tinja.

Jika proses di atas mengalami gangguan dan bilirubin terlambat masuk ke hati atau saluran empedu, maka zat ini akan bertumpuk di dalam darah dan mengendap di kulit sehingga terlihatlah gejala penyakit kuning.

Nah, bagi Anda penderita penyakit kuning, ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi selama sakit kuning agar pemulihannya cepat. Berikut makanan tersebut sepeti dilansir Boldsky:

Makanan Pedas
Makanan pedas sangat berbahaya bila menyangkut proses pencernaan dan bisa menghambat pemulihan hati dengan cepat.

Makanan cepat saji
Makanan seperti pizza dan burger harus benar-benar dihindari. Makanan ini mungkin mengandung minyak dan bahan-bahan lainnya yang sangat berbahaya bagi hati dan mengganggu proses metabolismenya.

Telur
Selama sakit kuning, hati merasa sangat sulit mencerna protein dalam makanan yang Anda makan. Karena telur mengandung protein yang cukup tinggi, sebaiknya dihindari sementara untuk membantu hati dalam pemulihannya yang cepat.

Kacang polong
Mengandung banyak kandungan protein dan serat. Hal ini memberi tekanan ekstra pada hati untuk menghasilkan empedu lebih banyak untuk membantu proses pencernaan makanan kaya protein ini. Akibatnya, fungsi hati bisa memburuk lagi selama kondisi kesehatan ini.

Gorengan
Karena makanan ini mungkin mengandung banyak lemak jenuh yang sangat sulit dicerna. Akibatnya, hati, yang dalam kondisi rapuh, harus bekerja lebih keras dalam mencerna lemak jenuh yang ada pada gorengan.

Tambahan

Produk susu
Keju, mentega, dadih, dan sebagainya, sebaiknya dihindari karena lemak merupakan salah satu bahan utama dalam makanan ini. Hati membutuhkan banyak istirahat selama kondisi kesehatan serius ini.

Jadi, mencerna lemak akan membuat banyak ketegangan yang tidak perlu pada hati dan dengan demikian, mungkin gagal melakukan fungsi vitalnya saat makanan yang sulit dicerna seperti produk susu diambil.

Kopi
Kafein, yang merupakan bahan utama kopi, dapat menyebabkan kerusakan serius pada hati. Karena hati Anda sangat rapuh saat sakit kuning, yang terbaik adalah menjauhkan diri dari minuman berkafein apapun.

Alkohol
Alkohol paling baik jika dihindari saat sakit kuning. Metabolisme di hati dan dalam prosesnya, alkohol akan merusak hati bahkan lebih lama pulih jika selama kondisi kesehatan ini.

Apps Bisnis.com available on: