Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Jangan Sampai Kerukunan Antarumat Hancur Karena Oknum

Ilham Budhiman Rabu, 13/09/2017 17:52 WIB
Jangan Sampai Kerukunan Antarumat Hancur karena Oknum
Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial
Diskominfo

Bisnis.com, BANDUNG -- Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, setiap agama yang ada di dunia tidak mengajarkan kekerasan maupun tindakan tak terpuji. Agama yang dianutnya yakni agama islam, misalnya, mengajarkan kasih sayang serta tidak menghina orang lain.

Namun pada praktiknya, kata Oded, kerap terjadi suatu penyimpangan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Menurutnya, konflik akan muncul ketika ada okunum dibelakangnya.

"Konflik akan muncul ketika ada oknum, meskipun cuma satu orang tapi selalu membuat kerusuhan. Tugas kita bagaimana caranya agar tidak ada oknum," katanya saat sosialisasi pemeliharaan kerukunan umat beragama, di Hotel Atlatic City, Bandung pada Rabu (13/9).

Oded juga menyebut jika kerukunan antarumat beragama di Indonesia adalah sebuah keniscayaan. Sebab sedari dulu, Indonesia sudah terlahir sebagai bangsa yang beraneka ragam.

"Tetapi dengan dua syarat, yaitu warga Indonesia harus menjalankan agamanya secara taat dan juga mematuhi hukum formal di Indonesia," kata Oded.

Oded menambahkan, untuk tetap menjaga kerukunan antarumat beragama di Kota Bandung. Pemkot Bandung melalui pelbagai dinas terkait perlu mengonsolidasikan kekuatan untuk bahu membahu secara proposional memberikan pendidikan kepada warga.

Pemerintah kota memiliki peran untuk mengonsolidasikan kondusivitas dan ketenteraman kehidupan beragama lantaran tertuang dalam peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2006 dan Nomor 08 tahun 2006.

Peraturan itu berisi Tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat beragama, dan Pendirian Rumah Ibadat.

"Sosialisasi seperti macam ini adalah salah satu upayanya," kata Oded.

Apps Bisnis.com available on: