Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Pemprov Tetapkan Status Siaga Darurat Kekeringan Di 8 Daerah

Wisnu Wage Rabu, 13/09/2017 14:28 WIB
Pemprov Tetapkan Status Siaga Darurat Kekeringan di 8 Daerah
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Meski belum termasuk gawat, ada delapan kabupaten dan kota di Jawa Barat statusnya kini siaga darurat kekeringan.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan situasi tersebut terjadi karena dampak musim kemarau dimana selama 60 hari tidak ada hujan turun.

"Darurat kekeringan mungkin di beberapa daerah saja. Darurat itu di Ciamis, Cianjur, Indramayu, Karawang, Kuningan, Sukabumi, Banjar dan Tasikmalaya," katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (13/9/2017).

Meski begitu dia menilai ondisi kekeringan di Jabar relatif biasa. Hanya beberapa daerah saja mengalami kekeringan hingga dinyatakan status siaga darurat.

"Kekeringan di Jabar biasa. Karena (musim) kemaraunya biasa-biasa juga. Tidak ada hujan lebih dari 60 hari hanya di beberapa tempat. Di semua tempat masih di bawah 60 hari," tuturnya.

Selain itu, Aher menambahkan, dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pada September nanti di Jabar memasuki musim hujan.

"Dari laporan BMKG, akhir September sudah hujan," katanya.

Pemprov Jabar telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi untuk membantu daerah yang mengalami kekeringan seperti menurunkan bantuan pompanisasi.

Apps Bisnis.com available on: