Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Masterplan SPAM Jatigede Segera Disusun PUPR

Wisnu Wage Rabu, 13/09/2017 09:57 WIB
Masterplan SPAM Jatigede Segera Disusun PUPR
Ilustrasi
Bisnis

bisnis.com,BANDUNG—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera menyusun masterplan proyek pembangunan sistem pengolahan air minum (SPAM) Jatigede, Sumedang.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Eddy M Nasution mengatakan Pemprov Jabar dan PUPR sudah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama memulai proyek SPAM Jatigede. 

“Sudah ada kesepakatan soal SPAM Jatigede, sedikit lagi kami bicarakan dengan Pusat soal masterplan,” katanya di Bandung, Selasa (12/9/2017).

Rencananya sebelum proyek ini berproses tahap lelang, Kementerian akan menyusun rencana induk terlebih dahulu terutama terkait saluran utama SPAM yang akan menyuplai kebutuhan air di kawasan Cirebon, Majalengka dan Indramayu. “Kita harapkan saluran utamanya itu bisa melewati dan melayani kawasan tersebut,” ungkapnya.

 Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Jabar Bambang Rianto mengatakan proyek SPAM Jatigede sudah disepakati akan mulai berproses pada 2017 ini setelah disetujui masuk proyek strategis nasional. “SPAM ini untuk melayani daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan,” katanya pada bisnis, Minggu (9/7).

 

Menurutnya Pusat sudah menghitung kebutuhan proyek SPAM yang melayani 4 daerah ini membutuhkan dana sekitar Rp2,8 triliun. Proyek ini dijadwalkan akan memulai proses pembangunan fisik pada 2018. “Tahun ini sudah dimulai pengikatan perjanjian-perjanjian. Termasuk pembagian porsi anggaran,” ujarnya.

 

Apps Bisnis.com available on: