Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Sri Mulyani: Muhammadiyah Bisa Buat Holding Yang Melantai Di Bursa

Kahfi Rabu, 13/09/2017 17:15 WIB
Sri Mulyani: Muhammadiyah Bisa Buat Holding yang Melantai di Bursa
Sri Mulyani
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melontarkan usul kepada segenap pengusaha atau saudagar dari kalangan Muhammadiyah agar dapat membangun induk usaha yang mampu bermain di pasar modal.

Kehadiran Sri Mulyani tersebut dalam rangka Rapat Kerja Nasional Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah di Bandung, pada Rabu (13/9/2017). Menurut Menkeu, Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan yang telah banyak berjasa bagi republik mempunyai modal kuat buat membangun perusahaan berkelas.

Apalagi, kata Sri, saat ini Muhmmadiyah cukup dikenal dengan berbagai usaha di bidang kesehatan dan pendidikan. Berbekal usaha-usaha itu, boleh jadi organisasi yang didirikan K.H Achmad Dahlan itu bisa menggarap usaha lain dari hulu ke hilir.

“Mengapa tidak sekalian membangun asuransi kesehatan atau pendidikan. Ada contoh konglomerasi yang berbisnis mengikuti layanan hidup manusia sepanjang masa, dari lahir mereka sediakan usaha rumah sakit, bangun perumahannya, asuransinya, sekolahnya,” ungkap Sri.

Terlebih, Muhammadiyah juga mampu menunjukan bahwa banyak perguruan tinggi dan usaha kesehatannya dikelola dengan manajemen korporat yang sehat. “Dengan begitu bisa masuk ke pasar modal,” katanya.

Tak hanya itu, Sri juga mengingatkan para pebisnis dari kalangan Muhammadiyah untuk senantiasa mencermati pergeseran pola konsumsi masyarakat. “Saat sekarang, generasi milenial mempunyai pola yang berbeda jauh,” katanya.

Karena itu, lanjut Sri, dia menyarankan jika ada ide dari Muhammadiyah untuk membangun mal, semestinya dikesampingkan dulu. “Mal adalah bisnis yang hari ini mengalami sunset, dari pengalaman sekarang banyak belanja baju yang murah dan mudah lewat online,” katanya.

Apps Bisnis.com available on: