Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Rektor Unpad Jawab Tantangan Jokowi Soal Program Studi Baru

Ilham Budhiman Selasa, 12/09/2017 16:31 WIB
Rektor Unpad Jawab Tantangan Jokowi soal Program Studi Baru
Rektor Unpad Tri Hanggono

Bisnis.com, BANDUNG -- Presiden Joko Widodo sempat menyinggung terkait program studi di setiap perguruan tinggi yang belum banyak berubah. Khususnya, kepada Unpad Jokowi menginginkan adanya pembenahan prodi salah satunya terkait media sosial.

Menjawab tantangan itu, rektor Unpad Tri Hanggono menyatakan, Unpad akan membuka program studi baru yang berelevansi dengan zaman kini. Prodi baru itu adalah ekonomi digital dan sebuah program studi lain yang berkaitan dengan media.

"Kita akan buka prodi untuk ekonomi digital dan satu lagi berbicara tentang media. Media ini bukan saja berbicara tentang teknologinya, tapi substansinya," kata Tri usai peringatan Dies Natalis Unpad ke-60 di Grha Sanusi Hardjadinata, Kota Bandung, Senin (11/9) kemarin.

Namun, Tri Hanggono belum menjelaskan lebih lanjut terkait dua program studi baru itu. Sebab, dua program studi itu diproyeksikan untuk tahun akademik baru.

Tri hanya menjelaskan jika dua program studi baru itu akan dilakukan dengan pendekatan transdisiplin, misalnya, melibatkan hukum dan teknologi informasi.

Di sisi lain, Tri juga menyebut jika Unpad sebenarnya sudah membuka program studi baru yang sesuai dengan relevensi kekinian. "Misalnya ada inovasi regional, pembangunan berkelanjutan. Itu sudah kita buka," katanya.

Kendati demikian, Tri sependapat terhadap pandangan Jokowi soal pengembangan program studi yang seharusnya sudah mengikuti perkembangan zaman. Mengingat perkembangan zaman tengah tumbuh pesat.

"Memang menghadapi tantangan (zaman) harus ada inovasi, enggak bisa berbicara prodi-prodi seperti yang dulu lagi," kata Tri.

Sebelumnya, Jokowi dalam orasi ilmiahnya mengatakan, universitas di Indonesia harus berbenah diri guna menghadapi zaman yang semakin berubah. Hal itu mesti dilakukan supaya bangsa Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

"Bertahun-tahun saya melihat universitas di kita ini, mohon maaf, belum ada yang berubah. Fakultas ekonomi, misalnya, hanya jurusan manajemen atau akuntansi. Kenapa tidak ada logistik manajemen? Retail manajemen toko online?" katanya.

"Harusnya Unpad ini punya fakultas media sosial, jurusannya meme, kenapa tidak? Jurusannya animasi, kenapa tidak? Karena ini yang ke depan akan kita hadapi," ucap Jokowi.

Apps Bisnis.com available on: