Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Dishub Kota Bandung Operasikan TMB Koridor 4

Ilham Budhiman Selasa, 12/09/2017 14:35 WIB
Dishub Kota Bandung Operasikan TMB Koridor 4
Instagram dishubkotabandung

Bisnis.com, BANDUNG -- Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung telah mengoperasikan Trans Metro Bandung (TMB) koridor 4 per 11 September kemarin. Pemberitahuan itu diunggah oleh Dishub Kota Bandung melalui laman instagram @dishubkotabandung.

Kepala UPTD TMB Dishub Kota Bandung, Yudiana mengatakan, trayek TMB tersebut melayani dari terminal Antapani hingga terminal Leuwipanjang. "Koridor ini melayani dari Terminal Antapani, Jl. Jakarta, Jl. Sukabumi, Jl BKR, Jl. Tegallega, Jl. Kopo hingga ke Terminal Leuwipanjang," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (12/9).

Dia menyebut, jam operasional TMB koridor 4 tersebut hanya satu rit dari pagi, siang dan sore hari dengan tarif Rp3.000. Jumlah TMB pun hanya dua unit saja. "Sementara satu rit dulu karena ingin melihat respons masyarakat. Sekaligus sosialisasi juga," katanya.

Dia mengatakan, sejak diluncurkannya koridor 4 ini, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi meski jumlah TMB tersebut masih terbatas. "Penggunaan memang masih sedikit. Tapi ada respons masyarakat katanya terbantu mengingat di trayek tersebut belum ada yang dilewati angkutan umum," ujarnya.

Dia menyebut, penambahan armada dan jumlah rit akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan sambil melakukan evaluasi berjalan. "Rencana kita akan operasikan 10 TMB, jumlah rit juga akan ditambah 4 kali pulang pergi," ujarnya.

Yudiana mengatakan, meski sempat adanya gesekan dari beberapa angkutan umum yang menolak TMB koridor empat ini, dia memaklumi hal tersebut dan berharap program konversi dari Dishub akan diikuti oleh pengusaha angkutan umum.

"Sehingga ke depannya para pengusaha angkot ini mengikuti program konversi itu, yang tadinya tiga angkot bisa menjadi satu TMB. Kita kan bekerja sama dengan para pengusaha angkot terkait hal ini," ujarnya.

Setelah pengoperasian trayek baru ini, ke depan pihaknya berencana untuk mengoperasikan trayek lain yang belum dilewati TMB. "Diharapkan seluruh jalur nantinya bisa dijangkau masyarakat. Sehingga sistem transportasi kita bisa tertata dengan baik," pungkasnya.

Apps Bisnis.com available on: