Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

MOTOGP

Ini Dia Pebalap Yang Akan Gantikan Rossi Di GP Aragon

Ajijah Selasa, 12/09/2017 16:43 WIB
Ini Dia Pebalap Yang Akan Gantikan Rossi di GP Aragon
Valentino Rossi dan Michael van der Mark
Instagram @michaelvdmark

Bisnis.com, LONDON - Pebalap superbike asal Belanda Michael van der Mark akan menggantikan Valentino Rossi yang cedera untuk MotoGP seri Aragon di Spanyol pada 24 September, demikian diumumkan Yamaha pada Senin.

Rossi mengalami patah kaki akibat kecelakaan saat berlatih menggunakan sepeda motor offroad pada akhir Agustus, dan telah absen pada Grand Prix San Marino di Misano di timur Italia akhir pekan ini.

Yamaha tidak menggantikan pebalap 38 tahun juara sembilan kali tersebut untuk balapan itu.

"Rossi melakukan kemajuan yang bagus dengan proses rehabilitasinya. Bagaimanapun, sebagaimana yang diperkirakan ia tidak akan dapat kembali berkompetisi sebelum Grand Prix Jepang di Twin Ring Motegi, yang berlangsung pada 13-15 Oktober," kata Yamaha dalam pernyataannya.

Van der Mark (24) akan menggunakan kru kerja yang biasa digunakan Rossi dengan dia di balapan putaran k-14 musim ini di Sirkuit Motorland Aragon.

Pebalap Belanda itu akan melakukan debutnya di kelas utama dan belum pernah mengendarai sepeda motor MotoGP sebelumnya. Ia sebelumnya bersaing di tujuh balapan kelas 125 cc (sekarang Moto3) pada 2010 dan pada putaran Moto2 di Belanda pada 2011.

Ia juga merupakan pemenang sebanyak tiga kali di balap ketahanan delapan jam Suzuka, dan pernah membalap di sirkuit di Spanyol sebanyak tujuh kali dengan World Superbikes serta sejumlah seri pendukung lainnya.

Direktur pelaksana Yamaha Lin Jarvis mengatakan tim wajib memasukkan dua sepeda motor untuk balapan dan memutuskan untuk mencari pengganti dengan pebalap-pebalap yang dikontrak oleh perusahaan. 

"Tidak pernah mudah untuk masuk menggantikan pebalap lain dan bahkan semakin sulit untuk menggantikan Valentino Rossi, namun kami percaya bahwa Michael memiliki semua kredensial dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan bagus," tambahnya.

Pebalap Honda asal Spanyol Marc Marquez, yang merupakan juara bertahan, dan Andrea Dovizioso asal Italia, yang membela Ducati, berada di klasemen kejuaraan setelah balapan Minggu di Misano dengan lima balapan tersisa.

Rossi berada di peringkat keempat secara keseluruhan dan tertinggal 42 poin dari posisi puncak, sebut Reuters.

Apps Bisnis.com available on: