Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Pengembang Di Karawang Bekasi Diminta Jelaskan Soal Pasokan Air Ke Konsumen

Wisnu Wage Selasa, 12/09/2017 14:12 WIB
Pengembang di Karawang Bekasi Diminta Jelaskan Soal Pasokan Air ke Konsumen
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta para pengembang di kawasan Karawang-Bekasi memberikan penjelasan pada konsumen terkait pasokan air.

Asda II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Eddy M Nasution mengatakan kehati-hatian soal air ini jangan sampai  membuat konsumen tidak mendapatkan haknya. Para pengembang bisa memenuhi kebutuhan air jika sudah mengajukan secara resmi pada pihak PT Jasa Tirta II sebagai pengelola Waduk Jatiluhur.

“Tapi soal air ini harus diumumkan secara resmi akan dipasok darimana, ini untuk Karawang-Bekasi,” paparnya pada bisnis, Senin (12/9/2017).

Kondisi yang sama menurutnya terjadi untuk pemanfaatan air bawah tanah oleh kawasan industri. Pihaknya mengaku tak hanya kondisi ketersediaan yang kritis, namun di dua kawasan tersebut ditemukan masih banyak pihak yang menggunakan air tanah tidak menggunakan meteran.

“Di Bekasi ada sekitar 1000 perusahaan pemilik sumur yang baru melaporkan, selama ini tidak ada ,” tuturnya.

Saat ini pihak swasta menurutnya sudah diwajibkan membangun sumur pantau terutama bagi industri yang memiliki lebih dari 4 sumur produksi. Pihaknya berharap dengan penegasan ini, maka kemungkinan eksploitasi air tanah bisa ditekan. “Kondisi air tanah yang dipakai kawasan industri Karawang-Bekasi saya katakan sudah parah,” ungkapnya.

Apps Bisnis.com available on: