Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Jangan Dibuang, Kulit Lemon Ternyata Banyak Manfaatnya

Ilham Budhiman Selasa, 12/09/2017 08:42 WIB
Jangan Dibuang, Kulit Lemon Ternyata Banyak Manfaatnya

Bisnis.com, BANDUNG -- Buah lemon terkenal akan manfaatnya yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah lemon antara lain untuk menjadikan tubuh lebih bugar, memperkuat sistem imun, serta kesehatan kulit.

Dilansir Boldsky, selain itu buah lemon juga menjadi peranan penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Di sisi lain, kulit buah lemon juga ternyata memiliki manfaat tersendiri.

Sebagian studi mengatakan mengonsumsi lemon beserta kulitnya bisa memberi nutrisi dua kali lebih banyak ketimbang hanya mengonsumsi air lemon.

Namun, kebanyakan orang membuang begitu saja kulit lemon tersebut. Hal itu dilakukan lantaran tidak banyak yang tahu manfaat dan kandungan yang ada di kulit buah lemon.

Di kulit buah lemon terkandung nutrisi yang cukup baik antara lain vitamin A, E, C, B6, riboflavin, fosfor, zat besi, kalsium, folat, kalium dan magnesium.

Kulit lemon juga bisa mencegah kanker. Hal ini karena kulit lemon mengandung salvestrol Q40 dan limonene yang dianggap mampu melawan sel kanker.

Sebuah studi juga menemukan bahwa konsumsi kulit lemon dalam secangkir teh bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Kulit lemon yang bersifat basa juga bisa membantu menjaga pH tubuh

Kulit lemon juga bisa mengatasi masalah gigi, untuk itu dianjurkan untuk mengonsumsi irisan kulit lemon yang dicampur dengan air perasan lemon.

Sementara itu, bagi yang ingin mengonsumsi kulit buah lemon, caranya adalah dengan membekukannya terlebih dahulu. Namun, sebelumnya jangan lupa untuk dicuci dengan air bersih.

Setelah beku, cukup potong bagian ujung atas dan bawah. Kemudian giling lemon. Kulitnya bisa dimasukkan ke dalam sup, salad atau saus pasta. Selain itu, bisa juga memarut kulit lemon yang beku. Masukkan ke dalam jus, teh, smoothies atau resep lain.

Apps Bisnis.com available on: