Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 26 Mei 2018

Pembatasan Angkutan Barang Di Tol Japek Dinilai Solusi Jangka Pendek

Wisnu Wage Senin, 11/09/2017 12:10 WIB
Pembatasan Angkutan Barang di Tol Japek Dinilai Solusi Jangka Pendek
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Perhubungan Jabar menilai wacana pembatasan kendaraan di tol Jakarta-CIkampek hanya solusi jangka pendek.

Kadishub Jabar Dedi Taufik mengatakan pihaknya sendiri sudah membahas solusi jangka pendek untuk mengurangi kepadatan di Tol Japek. Menurutnya usulan soal pembatasan pergerakan dengan mengatur jam operasional angkutan barang turut mengemuka. 

“Pembatasan pergerakan itu jangka pendek, perpindahan moda ini harus diberanikan jadi solusi, agar angkutan berbasis rel dan laut bisa jadi solusi juga,” paparnya di Bandung, Senin (11/9/2017).

Selain itu pihaknya juga mengusulkan agar Kemenhub segera melakukan inventarisasi data pergerakan angkutan barang. Sejauh ini menurut Dedi pihaknya di daerah belum memiliki data real terkait pergerakan logistik dari sisi jumlah dan daerah tujuan.

“Inventarisasi ini penting jika ke depan diberlakukan pembatasan jam dan hari operasi,” katanya.

Wacana pembatasan angkutan barang menurutnya tidak boleh merugikan berbagai pihak yang menggunakan tol Japek. Karena itu pihaknya berharap diwujudkannya tol laut di Pelabuhan Cirebon menjadi salah satu langkah strategis dari pemerintah.

“Alihkan kendaraan dari darat ke laut dan rel, harus ada yang berani mengalihkan ini,” cetusnya.

 

Apps Bisnis.com available on: