Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Equity Finance Luncurkan Produk SME

Hedi Ardia Senin, 11/09/2017 12:52 WIB
Equity Finance Luncurkan Produk SME

Bisnis.com, BANDUNG - PT Equity Finance Indonesia (EFI) meluncurkan produk barunya yang disebut small medium enterprise (SME) dan Multipurpose Financing. Hadirnya produk pembiayaan baru ini diharapkan meningkatkan protofolio perusahaan secara keseluruhan pada tahun ini yang dialokasikan mencapai Rp600 miliar.

Presiden Direktur PT EFI Hatono Gandasutedja mengatakan, produk baru ini untuk membantu pemerintah dalam hal pemberdayaan UMKM dan melihat peluang pasar yang besar terutama di Bandung yang memang selama ini dikenal sebagai kota yang banyak memiliki industri kreatif.

"Bedanya, kami lebih fokus. Produk ini mempunyai keunggulan bisa cepat, murah dan mudah serta tenor lebih lama bisa sampai 10 tahun," katanya, kepada wartawan di Bandung, Senin (11/9/2017).

EFI ingin mendorong para pengusaha skal kecil menengah untuk tumbuh kembang dan memproduksi barang-barang berkualitas. Sebelumnya ,program serupa telah lebih dulu diluncurkan di Denpasar dan akan terus dilanjutkan di kota lainnya.

Sekalipun pangsa pasar yang dibidiknya adalah kalangan UMKM yang notabene tidak bankable, tidak berarti pihaknya tidak menggunakan prinsip kehati-hatian. Sedangkan, produk pembiayaan multiguna bisa digunakan para nasabahnya untuk memenuhi berbagai keperluan seperti anak sekolah, umroh, pernikahan hingga travelling.

"Pada tahun ini kami telah mengalokasikan pembiayaan hingga Rp660 miliar. Hingga semester I-2017 telah mencapai Rp330 miliar," ujarnya.

Menurutnya, pembiayaan terbesar selama ini didominasi untuk modal kerja, disusul investasi dan sisanya ada pembiayaan untuk multiguna. Pada prinsipnya, UMKM tersebut harus produktif sehingga bisa menumbuhkan usaha mereka.

"Jaminannya bisa BPKB dan sertifikat tanah. Yang jelas market di Bandung itu sangatlah besar," ucapnya.

General Manager Equity Finance Indonesia Devin Ditya Anggada menambahkan, PT EFI ingin memberikan fasilitas pembiayaan kepada publik baik untuk sektor usaha atau kepentingan pribadi. Tujuan penggunaan dana harus jelas dan bisa digunakan untuk apa saja.

"Karena kami perusahaan pembiayaan yang menyediakan barang atau jasa. Suku bunga yang kami 0,3% per bulan selama tujuh bulan dan tenor 10 tahun tergantung jaminan biasanya berupa tanah bangunan bunga 1% per bulan," paparnya.


Apps Bisnis.com available on: