Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Menkominfo: Bahaya Hoax, Medsos Harus Diantisipasi Dari Hulu

Ilham Budhiman Senin, 11/09/2017 18:50 WIB
Menkominfo: Bahaya Hoax, Medsos Harus Diantisipasi dari Hulu
Menkominfo Rudiantara
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara mengatakan, saat ini terkesan permasalahan yang muncul akibat dampak negatif dari media sosial lebih banyak diselesaikan di titik hilir, seharusnya perhatian juga dilakukan di hulu.

“Ini kan seperti orang sakit yang disuntik atau diobati. Seharusnya bagaimana membuat orang sehat, ya harus dari hulu. Inilah pentingnya literasi dan edukasi,” ujarnya saat hadir di acara Dies Natalis Unpad ke-60, Senin (11/9).

Dia mengatakan, kondisi ini bukan hanya dialami di Indonesia saja, namun seluruh negara di dunia mengalami masalah serupa. Setiap negara memiliki cara berbeda untuk menangkal dampak negatif dari media sosial tersebut.

Menurutnya, ada negara yang cepat membuat Undang-Undang untuk mengantisipasi media sosial, namun hal itu tidak bisa cepat dilakukan di Indonesia.

“Kita bisa saja buat Undang- Undang anti hoax, tapi perlu waktu. Jadi pemerintah dihilir lakukan pembatasan saja dulu, bisa pemblokiran, seperti pernah terjadi kemarin. Sebab memang dianggap berbahaya. Sekarang sedang berupaya melakukan perbaikan di hulu,” ucapnya.

Pemerintah juga turut menantang perguruan tinggi termasuk Unpad untuk bisa merubah segala hal yang berkaitan dengan media sosial. "Fakultas komunikasi dan fakultas ilmu politik khususnya yang erat kaitannya dengan media sosial," katanya.

Apps Bisnis.com available on: