Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Awas, Ini Bahaya Menelan Permen Karet Bagi Kesehatan

Ilham Budhiman Senin, 11/09/2017 08:55 WIB
Awas, Ini Bahaya Menelan Permen Karet bagi Kesehatan
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG -- Pernahkah Anda menelan permen karet secara sengaja atau tanpa sengaja? Nah, bila masih melakukan hal itu. Sebaik hindari dan mulai pikirkan bahwa menelan permen karet bisa berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir Boldsky, dalam permen karet terdapat kandungan pewarna, gula atau pemanis, lemak, resin, lilin, elastomer, dan pengemulsi.

Selain itu, permen karet mengandung pengawet dan beberapa zat aditif lainnya. Ketika tertelan, maka hati di dalam tubuh langsung bekerja untuk menghilangkan zat berbahaya tersebut.

Nah, saat mencapai perut Anda, asam di perut Anda (hydro chloric acid) memisahkan bahan tertentu yang digunakan dalam permen karet. Umumnya gula, pelembut seperti gliserin dan zat penyedap seperti minyak peppermint akan dipisahkan.

Begitu sampai di usus, permen karet akan keluar dari sistem Anda. Namun, tidak benar-benar hilang. Butuh waktu 25-26 jam untuk menghilangkan permen karet dari sistem tubuh Anda.

Lantas, apa yang terjadi jika tidak hilang dalam sehari? Jawabannya adalah tubuh Anda akan bereaksi. Seperti mengalami kenaikan suhu tubuh di atas normal hingga meningkatnya tekanan darah.

Diare, muntah dan mual adalah beberapa tanda tubuh sedang mencoba untuk menyingkirkan permen karet. Beberapa orang mungkin juga mengalami ruam dan sensasi gatal, karena bahan dalam permen karet bisa menyebabkan reaksi alergi tertentu.

Karena itu, berkonsultasilah dengan dokter jika tubuh Anda gagal mengatasi reaksinya.

Permen karet bagi anak-anak
Orang tua seharusnya lebih waspada saat memberikan permen karet kepada anak-anak atau mengizinkannya untuk memakan permen karet. Menurut Boldsky, biasanya permen karet diberikan pada anak berusia 5 tahun ke atas.

Permen karet berisi pemanis buatan. Jadi, jika anak-anak terlalu sering mengunyah banyak gula apalagi gula buatan maka akan menghasilkan kalori yang ekstra di dalam tubuh.

Beberapa permen karet juga mengandung kayu manis dan pedas yang bisa mengiritasi lapisan mulut anak-anak. Juga disarankan memilih jenis permen karet yang bebas gula untuk menghindari gigi berlubang.

Anak-anak juga biasanya suka menelan langsung permen karet. Nah, peran orang tua sangat dianjurkan dalam hal ini. Biasakan memberi tahu bahwa menelan permen karet bisa berdampak berbahaya bagi kesehatannya.

Apps Bisnis.com available on: