Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Perwakilan Pemuka Agama Hadiri Aksi Jabar Peduli Rohingya

Wisnu Wage Jum'at, 08/09/2017 14:28 WIB
Perwakilan Pemuka Agama Hadiri Aksi Jabar Peduli Rohingya
Ilustrasi
Reuters

Bisnis.com, BANDUNG—Forum Komunikasi Umat Beragama menggelar panggung terbuka mengutuk tragedi kemanusiaan etnis Rohingya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (8/9/2017).

Aksi yang digelar tepat di depan pintu masuk Gedung Sate tersebut dihadiri oleh para pemuka agama Islam, Hindu, Budha, Kristen serta Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar Setia Untung Arimuladi dan sejumlah perwakilan organisasi kemasyarakatan.

Massa yang berjumlah sekitar 200 orang tersebut bergerak bersama FKUB dan Gubernur Heryawan dari Pusat Dakwah Islam di Jalan Diponegoro usai Shalat Jumat menuju Gedung Sate. Selanjutnya Ketua FKUB Jabar Raffani Ahyar yang juga Sekretaris MUI Jabar membacakan tuntutan.

Rafani mengatakan FKUB Jabar mengutuk keras tindakan kekerasan yang dilakukan militer Myanmar atas etnis Rohingya. “Ini tindakan biadab yang melampaui batas-batas kemanusian, perbuatan yang tidak dibenarkan agama manapun,” katanya.

Karena itu pihaknya mendesak pemerintah mengambil langkah kongkrit seperti melakukan terus upaya diplomasi. Selain itu, pemerintah Indonesia juga dituntut menyiapkan pulau dan lahan khusus untuk menampung pengungsi Rohingnya. “Kami juga meminta PBB turun tangan melakukan penyelidikan atas pelanggaran berat oleh Pemerintah Myanmar,” tegasnya.

FKUB Jabar juga meminta agar umat beragama di Jabar melakukan tindakan kongkrit dengan memberikan donasi dan bantuan untuk warga Rohingya.

 

 

Apps Bisnis.com available on: