Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Jalankan Misi Literasi Syariah, Bank Permata Syariah Gandeng Komunitas

Kahfi Kamis, 07/09/2017 17:30 WIB
Jalankan Misi Literasi Syariah, Bank Permata Syariah Gandeng Komunitas
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG- Bank Permata Syariah yang merupakan unit usaha syariah PT Bank Permata Tbk, memperluas cakupan nasabah melalui program non konvensional yang dijalankan perbankan islami selama ini.

Apa strategi itu? Permata Syariah menggalakan program pemasaran melalui komunitas-komunitas yang hidup di masyarakat.

Terobosan paling mutakhir adalah menggandeng Persib Bandung yang dikenal mempunyai basis fans solid dan luas. Dengan mensponsori klub yang berbasis di Jawa Barat tersebut, Permata Syariah sanggup mendongkrak jumlah nasabah.

Direktur Bank Permata Syariah Achmad K Permana mengungkapkan jika selama ini strategi pemasaran dan edukasi perbankan syariah terlalu monoton dan konvensional. “Banyak promo diadakan di masjid-mesjid, padahal yang cukup luas adalah di tengah masyarakat itu sendiri,” katanya di Bandung, Kamis (7/9/2017).

Salah satu indikator paling menonjol keberhasilan pemasaran berbasis komunitas adalah pertumbuhan nasabah haji. Lewat program nasabah Persib Bandung, dengan program promo pembagian seragam resmi klub, maka terjadi lonjakan nasabah calon haji.

“Dari dulu hanya sebesar 400-500 orang per bulan nasabah haji, saat ini dari Jawa Barat mencapai 1.500 orang per bulan, cukup signifikan karena per bulan nasabah haji secara nasional mencapai 3.500 orang,” kata Achmad.

Memanfaatkan peluang kerjasama dengan Persib Bandung, Permata Syariah kembali meluncurkan produk anyar, kartu debit Persib. Kartu debit tersebut diperuntukan khusus bagi fans klub tersebut dengan fasilitas promo meliputi diskon khusus pembelian tiket.

“Secara nasional, pertumbuhan nasabah di Jawa Barat juga signifikan, saat ini kontribusinya mencapai 30% dari nasabah Permata Syariah,” tutup Achmad.

Di sisi lain, strategi pemasaran berbasis komunitas itupun diakui sebagai langkah Permata Syariah ke depan. “Kami juga menggarap komunitas lain, mulai dari komunitas pengajian hingga klub,” tukas Achmad.

 

 

 

Apps Bisnis.com available on: