Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Metrodata Dan Bisnis Indonesia Gelar Metrodata CxO Forum

Agne Yasa Kamis, 07/09/2017 11:59 WIB
Metrodata dan Bisnis Indonesia Gelar Metrodata CxO Forum

Bisnis.com, JAKARTA -- Metrodata dan Bisnis Indonesia menggelar Metrodata CxO Forum dengan mengangkat tema Digital & Business Disruption di Pullman Hotel Jakarta Thamrin, Kamis (7/9/2017).

Susanto Djaja, Presdir PT Metrodata Electronics, Tbk., mengatakan keberadan teknologi digital telah mengubah cara interaksi dari masyarakat dan bisnis. 

"Disrupsi mengubah tatanan dan proses bisnis," katanya. 

Rhenald Khasali, Pembicara Tamu dalam acara ini memaparkan disrupsi telah mengubah pasar dan sebagainya. Ada lawan-lawan yang tidak kelihatan. 

Dia memaparkan terdapat enam perangkap (six traps) dalam bisnis konvensional ketika gelombang disrupsi terjadi, yaitu the  conplacency (sucess trap), the comletwncy trap, the cannibalization trap, th sunk cost trap, the hlame trap,dan thw confirmation trap. 

"Dalam the conplacency atau success trap, biasanya terjebak dengan cara lama yang dinilak sukses, padahal keadaan sudah berbeda," katanya. 

Terkait kompetensi juga menurutnya terkadang arus masuk dan keluar sumber daya manusia jadi indikator padahal dengan era disrupsi, ada kesempatan untuk memperbarui talenta meskipun keluar masuk sdm tinggi. Selain itu, kanibalisasi juga dapat terjadi dengan inovasi yang dihasilkan sendiri. 

Untuk the sunk cost trap, padahal sudah mengetahui jalan di depan lebih bagus namun tidak ingi  keluar karena sudah ada biaya yang diinvestasikan.

Jika tidak berjalan baik maka ada hal yang disalahkan dan dikonfirmasikan dengan pihak lain. 

"Ini disruption, beralih ke sektor yang tidak kelihatan. Lawan lawan tidak kelihatan makin banyak. Disruption is opportunity. Bukan trap, jadi trap ketika tidak respons," katanya. 

Apps Bisnis.com available on: