Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Hanya 5 Hal Ini Yang Perlu Ada Di Kamar Tidur

Ihya Ulum Aldin Kamis, 07/09/2017 18:17 WIB
Hanya 5 Hal Ini yang Perlu Ada di Kamar Tidur
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Kurang atau terganggunya tidur, berefek buruk pada kesehatan manusia. Tapi, di era modern, kamar tidur memiliki tambahan fungsi yaitu pusat hiburan. Apakah ini baik?

Tidur merupakan cara yang benar untuk memperbaiki dan meremajakan tubuh Anda. Buruknya jam dan kualitas tidur bisa membawa hormon stres ke dalam tubuh seseorang.

Ketika hormon stres meningkat dalam jangka panjang, mereka dapat menyebabkan banyak efek buruk pada tubuh seperti gelisah, sakit kepala, meningkatkan detak jantung, hipertensi, gangguan pencernaan, depresi, atau disfungsi sistem kekebalan tubuh.

Tidur nyenyak adalah kuncinya. Tapi, dengan kondisi kamar di era sekarang, dimana kamar tidur terpasang televisi, komputer, perangkat permainan, alat olahraga, atau banyak perangkat hiburan lain, bisakah mendapatkan kualitas tidur yang baik?

Mungkin terdengar membosankan, tapi kamar tidur seharusnya tidak menjadi tempat pusat hiburan agar mengoptimalkan tidur. Lifehack.org memberikan 5 elemen kunci yang sudah cukup untuk kamar tidur.

1. Penerangan

Buatlah penerangan yang redup di dalam kamar tidur. Anda bisa menggunakan lampu meja di samping tempat tidur Anda. Tapi, jangan gunakan lampu meja berwarna merah karena itu bisa menimbulkan kesan panas.

2. Gorden

Ruangan terang dapat mencegah produksi melatonin di otak. Inilah sebabnya mengapa hindari barang elektronik sebelum tidur menjadi penting karena terpapar cahaya biru layar mencegah pelepasan melatonin ini.

Cahaya lampu dari luar kamar pun dapat memengaruhi. Maka memilih gorden yang tebal dan tak tembus cahaya bisa menjadi elemen penting kamar tidur Anda.

Hotel-hotel kebanyakan memakai gorden tebal agar tamunya merasa nyaman dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

3. Warna Kamar

Jika Anda ingin menciptakan suasana tenang, makaAnda bisa menggunakan warna yang menenangkan pada dinding kamar.

Keberadaan barang-barang seperti komputer atau alat olahraga bisa merusak keserasian atara warna dinding dengan barang-barang di kamar. Maka, mengeluarkan barang-barang tersebut merupakan pilihan yang bijak.

Lifehack.org memberikan daftar warna-warna yang menenangkan, di antaranya, lavender, abu-abu pucat, biru, aqua, pink pucat, atau krem.

4. Suhu Ruangan

Suhu kamar tidur seharusnya bersuhu sejuk. Suhu tubuh Anda secara alami turun saat Anda tertidur sehingga membuat ruangan yang lebih dingin dapat membuat lebih mudah tertidur dan membantu Anda tidur nyenyak.

Pakar soal tidur mengatakan bahwa kamar Anda harus 5 samapai 10 derajat lebih dingin daripada rata-rata suhu di siang hari.

5. Kasur

Anda mungkin akan memilih kasur yang lembut. Padahal kasur yang ideal dalam hal ini adalah kasur yang kokoh dengan bantalan atas yang lebih lembut.

Ini akan membantu memberikan keseimbangan dan dukungan ideal bagi tulang belakang.

Apps Bisnis.com available on: