Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 22 November 2017

Indonesia Dan Filipina Diuntungkan Jumlah Angkatan Kerja, Asalkan

Kahfi Rabu, 06/09/2017 18:28 WIB
Indonesia dan Filipina Diuntungkan Jumlah Angkatan Kerja, Asalkan
Ilustrasi
Bisnis

Bisnis.com, SINGAPURA- Indonesia dan Filipina adalah negara yang akan mempunyai benefit banyak dalam dekade mendatang seiring jumlah angkatan kerja yang banyak.

Terkait negara Asia Tenggara seperti Filipina dan Indonesia tetap mempunyai pertumbuhan angkatan kerja yang positif. Kedua negara semestinya mampu menangguk benefit dari bonus demografi.

Indonesia dan Filipina mesti memacu tingkat produktivitas penduduk, dan memfokuskan program integrasi ekonomi. Selain itu, harus melakukan investasi besar di bidang teknologi.

Disitat dari Bloomberg, Rabu 96/9/2017), Laporan Lous Kuijs dari Asia Economics Oxford yang berbasis di Hong Kong menyebutkan hampir seluruh negara Asia menghadapi krisis angkatan kerja dalam dua dekade mendatang. Hal itu tergambarkan dari membanjirnya angkatan kerja wanita dan pertumbuhan jumlah penduduk usia pensiun.

Di Singapura pasokan angkatan kerja terus menerus akan merosot 1,7% hingga 2026. Bahkan pada dekade selanjutnya, tingkat penurunan tersebut akan mencapai 2,5%.

Korea Selatan dan Taiwan pun mengalami nasib serupa, pasokan tenaga kerja akan tergerus pada dekade mendatang. Sedangkan beberapa negara berhasil mengerem penurunan, seperti halnya Thailand.

Sedangkan Jepang, saat ini telah mengatasi kerontang jumlah tenaga kerja dengan menempatkan banyak wanita, dan mengoptimalkan partisipasi warga senior. Namun laju populasi di Jepang diperkirakan tidak akan beranjak jauh dari saat ini.

 

 

Apps Bisnis.com available on: