Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Juli 2018

Pembebasan Lahan Kereta Cepat Ditargetkan Tuntas September

Hedi Ardia Minggu, 03/09/2017 13:25 WIB
Pembebasan Lahan Kereta Cepat Ditargetkan Tuntas September
Rencana pembangunan kereta cepat Jakarta/Bandung (Bisnis)

Bisnis.com, BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menargetkan dapat menyelesaikan pembebasan lahan untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung pada September 2017 ini. Saat ini lahan yang telah dibebaskan seluas 15.502 meter persegi.

Manajer Humas PT KAI Daop II Bandung Joni Martinus mengatakan, sisa lahan yang harus dibebaskan mencapai 17.866 meter persegi yang berada di daerah Mekarsari, Bandung Barat. Rencananya, pada 6 September nanti pihaknya akan melakukan eksekusi lahan bila ada bangunan yang belum dibongkar.

"Sampai saat ini masih banyak bangunan yang masih belum di bongkar di daerah tersebut," katanya, saat dihubungi Bisnis, Minggu (3/9/2017).

Perusahaan plat merah ini terus melakukan negosiasi. Tak dipungkirinya ada warga yang menolak tapi sudah diselesaikan dengan pendekatan persuasif dan warga siap membongkar bangunannya sendiri.

Menurutnya, pembebasan lahan terdampak pembangunan kereta cepat dilakukan secara bertahap. Dari sekian titik lahan yang harus disterilkan untuk tranportasi publik darat itu, daerah Mekarsari yang paling banyak hunian warganya.

"Lahan yang kami siapkan untuk proyek itu mencapai 33.368 meter persegi dengan jumlah 245 bangunan. Lahan itu membentang dari kawasan Bandung raya hingga perbatasan Jawa Barat-Jakarta," ucapnya.

Pemerintah berharap proyek kereta cepat selesai pembangunannya pada 2019 mendatang. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) memastikan pembangunan masih berjalan terus. Proyek ini diperkirakan menghabiskan anggaran hingga Rp68 triliun.