Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 November 2017

6 Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Merusak Kesehatan

Ilham Budhiman Kamis, 31/08/2017 08:45 WIB
6 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kesehatan
Ilustrasi
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG -- Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak kesehatan Anda. Padahal, kebiasaan tersebut terhitung sepele. Namun, bila dilakukan secara berulang maka bisa berdampak pada kesehatan.

Dilansir Boldsky, menghindari kebiasaan memang sulit untuk dilakukan. Sebab, kebiasaan tersebut sering kita lakukan pada setiap harinya. Tak heran jika masalah kesehatan bisa timbul akibat kebiasaan tersebut.

Berikut 6 kebiasaan yang bisa merusak kesehatan Anda. Baik dalam jangka panjang atau jangka pendek:

Menahan bersin
Apakah Anda pernah melakukannya? Saat Anda menahan bersin, tekanan intrakranial akan meningkat. Hal ini akan mengganggu aliran darah ke otak dan pembuluh darah, sehingga menyebabkan jaringan saraf tertekan.

Hal ini akan menyebabkan sakit kepala, kerusakan pada pembuluh darah dan bahkan masalah pendengaran. Inilah salah satu kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Memakai parfum berlebihan
Parfum terdiri dari zat sintetis yang menghasilkan aroma lebih kuat. Zat ini bisa menyebabkan pusing, mual dan kantuk. Bisa juga mengiritasi mata, tenggorokan dan kulit. Lebih baik memakai sedikit parfum atau menukarnya dengan minyak esensial.

Menggunakan ponsel sebelum tidur
Cahaya pada ponsel bisa menekan produksi hormon melatonin. Tingkat melatonin yang rendah dapat menyebabkan depresi, kanker, penyakit jantung dan sistem kekebalan tubuh yang rapuh.

Menyimpan makanan dalam wadah plastik
Kotak plastik mengandung zat kimia buatan seperti phthalate dan bisphenol A yang membantu mempertahankan fleksibilitasnya. Jika makanan disimpan dalam plastik untuk waktu yang lama, maka zat ini bisa meresap ke dalam makanan.

Konsumsi ini bisa mempengaruhi sistem endokrin. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan wadah plastik. Inilah salah satu kebiasaan yang merusak kesehatan Anda.

Terlalu sering menggunakan sabun antibakteri
Banyak bakteri menguntungkan hidup di permukaan kulit kita dan berperan penting dalam melindungi kulit kita. Jika kita sering menggunakan sabun antibakteri, maka akhirnya kita mengeluarkan bakteri baik dari kulit dan bakteri berbahaya bisa masuk ke tubuh kita.

Mengenakan jeans ketat
Jins ketat sering menekan kulit dan ujung saraf. Hal ini dapat menyebabkan perasaan ketidaknyamanan yang konstan yang dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf.

Aliran udara yang berkurang ke kaki juga bisa menyebabkan rasa gatal yang membuat kaki menjadi mati rasa. Inilah salah satu kebiasaan sehari-hari yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

Apps Bisnis.com available on: